oleh

Dandim 0402/OKI Patroli Pakai Helikopter Pantau Karhutla

SUARAPUBLIK.ID, OKI – Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni S.Sos beserta Kasdim 0402/OKI Mayor Chk Ernanda Laksanawan SH MH, bersama tim satuan tugas (satgas) penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Sinar Mas Group. Yang dipimpin Mares Prabadi, Fire Operation Management (FOM) Head-Regional Palembang Bumi Andalas Permai (BAP), melakukan patroli udara sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Jumat (17/9/21).

Dandim beserta rombongan melakukan patroli dari udara menggunakan helikopter milik Sinar Mas Group.

“Kegiatan patroli udara ini dilaksanakan lebih kurang 1 jam, guna memantau dan memastikan titik-titik api di wilayah Kabupaten OKI dan Ogan Ilir. Dan Alhamdulilah pada saat patroli udara tadi, sebagian wilayah yang dilewati turun hujan terutama di wilayah Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten OKI,” ujar Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni S.Sos kepada suarapublik.id melalui keterangan tertulis, Jumat (17/09/2021).

Letkol Czi Zamroni menjelaskan, berdasarkan hasil pantauan udara, titik api di kedua wilayah yaitu OKI dan Ogan Ilir sudah menurun drastis. Namun masih terdapat beberapa titik api yang berskala kecil dengan lokasi yang cukup sulit dijangkau.

“Dan pihak kami akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan penanggulangan,” sebut Letkol Czi Zamroni.

Menurutnya, Kodim 0402/OKI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polres dan instansi terkait lain, akan terus melakukan patroli ke titik-titik rawan Karhutla.

Termasuk mengedukasi masyarakat agar sama-sama menjaga lahan dari bahaya Karhutla dan tak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Masyarakat yang mengetahui adanya kebakaran lahan juga bisa menginformasikan ke satgas karhutla, baik itu ke Kodim, Polres dan BPBD maupun instansi terkait lainnya,” kata Zamroni.

“Saya berharap kita terus melakukan kegiatan ini dengan rutin minimal satu bulan sekali dengan bergerak bersama dengan tim Satgas,” pungkasnya. (dhi)

Komentar

Berita Hangat Lainya