BI Perkuat Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Digital Melalui Program Mall SIAP QRIS

Bank Indonesia298 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Dalam rangka mendukung pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kantor Perwakilan Bank Indonesia menyelenggarakan Digital Kito Galo (DKG) 4th Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Palembang Indah Mall (PIM), 15-20 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diinisiasi Bank Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumsel dan para pemangku kepentingan terkait. Kegiatan yang diadakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dan Pekan QRIS Nasional ini, mengusung tema “Wujudkan Semangat 45! QRISnya Satu, Menangnya Banyak! #Payo Pakai QRIS!”.

Baca Juga :  Sosialisasi KKI, BI Harapkan Digitalisasi Daerah Jadi Katalisator Tingkatkan Perekonomian

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Ricky P. Gozali, menyampaikan bahwa kegiatan DKG ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat terhadap digitalisasi sistem pembayaran, termasuk menjadi stimulus inovasi di bidang ekonomi keuangan digital yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Sumsel.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan launching Mall Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) QRIS yang ditandai dengan pemberian penghargaan oleh Kepala Perwakilan Ricky kepada Pengelola PIM, dalam hal ini diwakili Direktur Pengembangan Bisnis Thamrin Group, Noni Kwee, sebagai bentuk apresiasi kepada ritel dalam mendukung pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

Baca Juga :  Sosialisasi KKI, BI Harapkan Digitalisasi Daerah Jadi Katalisator Tingkatkan Perekonomian

Kegiatan ini turut dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI, Fauzi H. Amro, yang menyampaikan apresiasinya terhadap perekonomian Sumsel yang tumbuh menduduki peringkat nomor satu se-Sumatera pada triwulan II 2023.

Fauzi berharap, kegiatan DKG ini dapat menjadi wadah edukasi kepada masyarakat Indonesia sekaligus mengoptimalkan momentum peningkatan digital payment pasca pandemi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumatera Selatan, Henky Putrawan, mewakili Gubernur Herman Deru. Pihaknya memaparkan, bahwa ekonomi keuangan digital diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Baca Juga :  Sosialisasi KKI, BI Harapkan Digitalisasi Daerah Jadi Katalisator Tingkatkan Perekonomian

Hal itu, melalui peningkatan akses pemanfaatan produk dan layanan keuangan formal sesuai kebutuhan ke masyarakat luas, termasuk UMKM yang memiliki kontribusi yang tinggi terhadap produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

Kegiatan DKG 4th Tahun 2023 ini terbuka untuk masyarakat umum. Masyarakat diimbau mengikuti rangkaian kegiatan, antara lain pameran UMKM, talkshow QRIS, dan berbagai perlombaan dengan hadiah jutaan rupiah. Acara akan ditutup pada 20 Agustus 2023 dan menghadirkan artis Ibukota, Armand Maulana. (ANA)

    Komentar