oleh

Berbaju Adat, Kalapas Kayu Agung Kemenkumham Sumsel Pimpin Peringatan Hardiknas

SUARAPUBLIK.ID, OKI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kayu Agung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022. Mengenakan pakaian adat, Kalapas Kayu Agung Kemenkumham Sumsel Reza Meidiansyah Purnama, memimpin langsung upacara yang diikuti oleh Pejabat Struktural, JFT, JFU Lapas Kayu Agung serta Taruna/i Poltekip.

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dilaksanakan di Lapangan Upacara Lapas Kayu Agung Kemenkumham Sumsel, Jumat (13/5/2022). Bertindak selaku Perwira Upacara Kasi ADM Kamtib Suparman, Komandan Upacara Kasubsi Perawatan Ardiansyah Sulistiawan, Pengibar Bendera Merah Putih Taruna dan Taruni Poltekip, Pembacaan Undang-undang Dasar 1945 dan Panca Prasetya Korpri, Adi Nugroho dan M Zuriansyah.

Dalam kesempatan itu, Kalapas Reza Meidiansyah Purnama membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim yang menyerukan semangat Merdeka Belajar dalam peringatan yang mengambil tema Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka belajar.

Baca Juga  ASN Selingkuh Viral, Bisa Dikenai Sanksi Pemberhentian dengan Hormat Bukan Atas Permintaan Sendiri

“Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” ucap Kalapas.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak,” sambung Reza.

Baca Juga  Cegah Karhutla, Dandim 0402/OKI Pantau Wilayah Rawan Terbakar Lewat Udara

“Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” lanjutnya.

Perubahan positif dari Merdeka Belajar tidak hanya dirasakan orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan melalui Presidensi G20 di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Indonesia membuktikan tidak hanya menjadi pengikut, tetapi mengambil langkah untuk memimpin gerakan pemulihan dunia.

Baca Juga  Kabupaten OKI Masuk Top 3 Capaian SPM Nasional 2021

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 diikuti seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel dengan khidmat. Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei yang dilaksanakan hari ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM. (Dhi)

Komentar