oleh

Penyebaran Varian Delta di Sumsel Makin Luas Dibanding Alpha

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Epidemiologi Universitas Sriwijaya (Unsri), Iche Andriyani Liberty mengatakan, penyebaran kasus virus varian Delta semakin luas dibandingkan dengan kasus Alpha. Bahkan untuk perbandingannya, satu orang bisa memaparkan enam orang.

“Sejauh ini positivity rate Sumsel mencapai 38,66 persen. Akibatnya semakin banyak orang yang terpapar. Belum lagi mutasi SAR-CoV-2 menjadi varian Delta yang menyebarkan virus semakin luas,” kata Iche, Sabtu (17/7/2021).

Iche menilai, pemeriksaan pasien kontak erat di beberapa kabupaten dan kota di Sumsel masih belum optimal. Bahkan ada yang baru melakukan pemeriksaan sampai tiga orang, yang seharusnya harus diperiksa sedikitnya 15 orang. Untuk itu pemeriksaan kepada pasien yang kontak erat dengan pasien Covid-19 harus dipercepat dan meluas.

“Sejauh ini baru kabupaten Empat Lawang yang memeriksa sampai delapan orang. Hal ini penting untuk memetakan risiko,” jelasnya.

Sejalan dengan lonjakan pasien isolasi mandiri (Isoman). Untuk jumlah kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Dinkes Sumsel, dari 4.780 pasien positif, sebanyak 4.051 orang di antaranya yang melakukan isoman.

“Bukan tidak mungkin mereka akan menularkan ke orang lebih banyak, karena kita tidak pernah tahu seperti apa pengawasan orang-orang yang di isolasi mandiri,” ungkap Iche.

Dirinya menyarankan, untuk mengantisipasi keterisian pasien Covid-19 di rumah sakit, pemerintah terus berupaya untuk melakukan pelacakan kasus yang masif. Hal itu untuk menekan penambahan kasus harian.

“Kasus positif harian di Sumsel pada hari ini bertambah 689 kasus. Sedangkan total kasus selama tiga hari lalu mencapai 2.501 kasus. Jika ini dibiarkan, dikhawatirkan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit sekarang ini akan bertambah. Apalagi kebanyakan mereka yang datang ke RS biasanya sudah dalam kondisi parah,” harapnya. (Nat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed