oleh

Operasi Patuh Musi Sasar Pelanggar Lalu Lintas hingga Prokes

SUARAPUBLIK.ID, OKI – Polres Ogan Komering Ilir menggelar Operasi Patuh Musi mulai Senin (20/9/2021). Operasi ini dilaksanakan selama dua pekan ke depan atau sampai 3 Oktober 2021.

Melalui operasi ini, polisi akan menindak pengendara yang melanggar aturan selama berkendara.

“Tujuan operasi ‚ÄúPatuh Musi 2021″ ini adalah untuk menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan berkaitan dengan masih mewabahnya virus Covid-19,” kata Kapolres Ogan Komering Ilir AKBP Dili Yanto, S.I.K, SH, MH di Kayuagung, Senin.

Menurut Kapolres, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, pengemudi ranmor, tidak memakai safety belt, mengendarai kendaraan melawan arus, serta menggunakan handphone saat berkendara akan ditindak secara preventif dan persuasif dengan humanis. “Tentu saja tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Dili.

Gelar pasukan ini, lanjut Kapolres, perlu dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana prasarana pendukung lainnya, sehingga operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

AKBP Dili Yanto juga menegaskan bahwa operasi kali ini sama dengan operasi patuh pada tahun sebelumnya, dimana kita masih berada dalam suasana pandemi virus covid 19.

“Dan kita tetap harus meningkatkan protokol kesehatan, cara bertindak operasi patuh tahun ini sama seperti dengan operasi patuh tahun lalu yakni melaksanakan edukasi persuasif membangun komunikasi positif terhadap masyarakat berkaitan dengan protokol kesehatan serta mengedepankan prinsip 50% preventif 50% persuasif dengan humanis,” ungkapnya.

Dampak merebaknya virus Corona, jelas Dili, sampai saat ini masih kita bisa rasakan. Untuk itu operasi patuh yang kita laksanakan sekarang menargetkan timbulnya kesadaran masyarakat untuk peduli turut serta memutus mata rantai penularan virus corona.

“Bagi masyarakat yang sedang berlalu lintas salah satu contohnya adalah kita berikan himbauan penggunaan masker terhadap awak dan penumpang kendaraan umum, menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan sebelum memasuki kendaraan umum serta memperhatikan jarak antara penumpang agar terus dikampanyekan secara terus-menerus,” tandas Kapolres.

Untuk itulah, imbuh Kapolres, beberapa penekanan untuk seluruh anggota diantaranya laksanakan tugas operasi dengan penuh rasa tanggung jawab, dasari dengan niat beribadah dalam setiap kegiatan, semoga Allah SWT Tuhan YME meridhoi setiap pelaksanaan tugas kita.

“Kedepankan sikap senyum sapa dalam melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas baik yang bersifat teguran maupun penilangan. Jaga keselamatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan berbuat negatif terhadap Polri. Pegang teguh protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, cuci tangan dan phsycal distancing,” pungkasnya. (dhi)

Komentar

Berita Hangat Lainya