oleh

Jokowi Kurban Sapi Seberat 1,2 Ton di Palembang

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Presiden Joko Widodo pada lebaran Idul Adha tahun ini, berkurban sapi berjenis Simental Pegon dengan berat 1,2 ton di Palembang. Sapi ini dibeli Presiden dari perternak di Jalan Pangeran Ayin, keluarahan Suka Maju, Kecamatan Sako Palembang.

Pemilik peternakan, Waladun Soleh Joko Gitoyo (42) mengatakan, dirinya baru pertama kali menerima pesanan hewan kurban dari Presiden Jokowi. Menurut dia sapi yang dikawinkan silang tersebut yang kini berusia 4,5 tahun dibeli Jokowi dengan harga Rp95 juta.

“Ini baru pertama kali. Tahun kemarin saya ikut seleksi sapi presiden, tapi belum jodoh dan alhamdulillah tahun ini dapat di saya,” ujar dia, Senin (19/7/2021).

Sebelumnya, Joko menuturkan Dinas Peternakan kota serta Sumsel bahkan PDHI Sumsel telah melakukan pemeriksaan untuk memastikan sapi miliknya dalam kondisi sehat. “Dari hasil pemeriksaan sapi dalam keadaan sehat dan layak kurban sesuai syarat kurban,” jelas dia.

Selain  itu dirinya menjelaskan sapi Presiden mendapatkan perawatan khussus yakni pemberian makanan ada lima jenis pakan diantarnya kulit ubi, ampas tahu, kemudian kosentrat, dan rumput.

“Pastinya berbeda utamanya porsi makannya dibanding sapi-sapi disini,” jelas dia.

Joko mengungkapkan bibit sapi jenis Simental Pegon yang diternakkannya berasal dari Kabupaten Banyuasin. Sapi ini akan diantarkannya langsung ke Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II atau Masjid Agung.

“Usia dua tahun saya ambil dan sekarang 4 tahun hampir beranjak lima tahun,” ujar dia. (ANA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed