SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus konsisten dalam mendorong praktik bisnis yang lebih bertanggung jawab sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). Menanamkan nilai keberlanjutan dalam strategi bisnisnya dalam lima pilar utama yang selama ini mejadi Pedoman CIMB Niaga.
Corporate Communications Head CIMB Niaga, Hery Kurniawan, menjelaskan lima pilar bentuk komitmen CIMB Niaga untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi mendatang.
” Lima pilar itu yakni Tindakan Berkelanjutan, Usaha Berkelanjutan, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Tata Kelola dan Risiko, serta Pelibatan Pemangku Kepentingan dan Advokasi,” kata Hery saat jumpa media di Kota Palembang, Senin (5/8/2024).
Apalagi, lanjut Hery, CIMB Niaga terpilih sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, sesuai target Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Hal itu terbukti dengan hampir 26 persen dari total pembiayaan Bank (sekitar Rp54,8 triliun) mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan SDGs.
“CIMB Niaga bekerja sama dengan UNICEF untuk mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur. Selain itu, CIMB Niaga juga memungkinkan masyarakat dan nasabah berdonasi melalui Rekening CIMB Niaga Peduli,” ungkapnya.
Berbagai inisiatif telah dan akan terus CIMB Niaga lakukan untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini merupakan bukti komitmen CIMB Niaga untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang, sejalan dengan pesan keberlanjutan CIMB Niaga #SekarangUntukMasaDepan.
“Komitmen kami tidak hanya sekedar slogan, Itu landasan yang mungkin kami menjadi salah satu lembaga keuangan Indonesia yang menggunakan prinsip keberlanjutan yang menjaga bumi lebih keberlanjutan,” tegasnya.
Dengan berkomitmen dengan sistem kerja dan tinjuan bagi generasi berikutnya di masa Depan, membuahkan hasil yang terlihat. Seperti pada semester 1 tahun 2024 CIMB Niaga bisa menorehkan hail positif.
“Dengan Capaian Positif ini, kita optimis dalam mengejar target yang diberikan hingga akhir tahun sebesar Rp10 triliun,” katanya.
Bahkan, lanjutnya, Pada semester pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp4,4 triliun pada semester pertama 2024 (1H24), naik sebesar 5,89 year-on-year (Y-o-Y).
“Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Palembang, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional,” ungkapnya.
Kinerja positif kami pada semester pertama 2024 didorong oleh pertumbuhan aset produktif, pengelolaan efisiensi operasional, serta pencadangan yang baik.
“Kami terus menjaga kualitas aset secara efektif dengan mempertahankan rasio gross non-performing loan (NPL) sebesar 2,1 Persen di bawah rata-rata industri. Kami optimis bisa meraih hasil yang baik di sisa tahun 2024, sejalan dengan strategi jangka panjang yang telah kami tetapkan,” terang Maya.
Branch Area Head Sumatera Region Area VI CIMB Niaga, Lianto mengatakan, Kota Palembang terutama Area VI CIMB Niaga turut memberikan kontribusi besar dalam Kinerja Positif. Mempunyai 80 Nasabah dengan letak Kota Palembang yang cukup strategis karena dilalui oleh jalan lintas Sumatera, Palembang dinilai sebagai salah satu kota dengan perkembangan yang pesat karena kemajuan pembangunan dan aktivitas penduduknya.
” Oleh karenanya, CIMB Niaga berkomitmen memberikan layanan prima bagi para nasabah di Palembang dengan memadukan semua kapabilitas bank, baik jaringan kantor cabang fisik yang didukung SDM ramah dan profesional, maupun layanan berbasis digital,” kata Lianto.
Lanjutnya, dengan menghadirkan pengalaman perbankan (customer experience) yang optimal selalu menjadi prioritas CIMB Niaga untuk menjaga loyalitas nasabah di berbagai daerah, termasuk di Palembang. Melalui dukungan 4 kantor cabang, 1 Digital Lounge di Palembang Icon Mall, serta 29 mesin ATM yang tersebar di sejumlah titik, nasabah dapat melakukan beragam aktivitas perbankan dengan mudah.
“Kami berharap dukungan layanan lengkap tersebut dapat meningkatkan customer experience untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Palembang,” ucapnya.
Tidak hanya itu, untuk layanan yang lebih fleksibel, nasabah juga bisa memanfaatkan channel digital seperti aplikasi mobile banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks, yang memberikan kemudahan akses layanan perbankan kapan saja dan di mana saja. Adapun nasabah bisnis CIMB Niaga mendapat dukungan maksimal melalui BizChannel@CIMB yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih efisien.
“Bagi nasabah merchant atau pemilik toko termasuk di Palembang, CIMB Niaga juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis,” tutupnya
Komentar