Sukses Jadi Tuan Rumah POPNAS XVI 2023,  Sumsel Berhasil Masuk 6 Besar Perolehan Mendali

Kota Palembang212 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2023 di Kota Palembang, Sumsel, secara resmi ditutup di Dinning Hall Jakabaring Sport City pada Minggu (3/9) malam.  Dalam ajang bergengsi ini, Sumsel berhasil masuk peringkat enam besar nasional bahkan menjadi Juara Pertama dari provinsi lainnya di luar Pulau Jawa.

Catatan prestasi Sumsel ini meningkat pesat bila dibandingkan pada POPNAS XV tahun 2019 dimana Sumsel hanya mampu duduk diperingkat ke 24. Kali ini Sumsel menduduki peringkat enam dengan mengoleksi sebanyak 50 medali yakni emas 10, perak 16 dan 24 perunggu.

Adapun peraih peringkat 10 besar pada POPNAS XVI Tahun 2023 Sumsel masing-masing yakni, Peringkat 1 Provinsi DKI Jakarta, Peringkat 2 Provinsi Jabar, Peringkat 3 Provinsi Jatim, Peringkat 4 Provinsi Jateng, Peringkat 5 Provinsi DI Yogyakarta, Peringkat 6 Provinsi Sumsel, Peringkat 7 Provinsi Kaltim, Peringkat 8 Provinsi Kalbar, Peringkat 9 Provinsi Banten dan Peringkat 10 Provinsi Sumut.

Baca Juga :  Management Telkomsel Area Sumatera Hadir Melayani Langsung Pelanggan di Hari Pelanggan Nasional

Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora dr. Bayu Rahardian mengatakan sangat mengapresiasi Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta jajaran juga Pemprov Sumsel.yang telah menyelenggarakan POPNAS XVI dengan sangat baik.

Tak hanya menjadi tuan rumah yang sukses menyelenggarakan POPNAS, menurutnya Sumsel juga sukses prestasi karena berhasil masuk 6 besar.

“Pemprov Sumsel perlu diapresiasi dalam banyak hal. Selain menjadi tuan rumah tunggal, komitmennya mengirimkan atlet terbanyak juga kita apresiasi,” tegas Bayu.

Bahkan dari federasi maupun PB Ia menilai bahwa kualitas POPNAS XVI 2023 tak diragukan lagi. Bahkam dari ajang ini secara umum memunculkan  atlet-atlet yang potensial.

“Yang tidak kita lupakan juga penyelenggaraan ini ikit berdampak pada perekonomian di daerah. Dimana hotel-hotel di Palembang semua penuh, ini luar biasa,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Provinsi Sumsel Ir. S.A..Supriono mengatakan, POPNAS)XVI tahun 2023 menjadi ajang membentuk karakter Generasi Muda sehingga nantinya akan menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas saat ini dan masa yang akan datang dengan menjadikan dirinya sebagai :

Baca Juga :  Kualitas Udara tidak Sehat, Warga Diminta Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

1. Agen Perubahan (Agent of Change)

2. Agen Pembangun (Agent of Develoment)

3. Agen Pembaruan (Agent of Modernizations)

Iapun percaya melalui ajang POPNAS ke XVI  tahun 2023 di Sumatera Selatan yang telah ikuti dari tangal 26 Agustus sampai hari ini 3 September 2023, yang diikuti oleh 6495 atlet dari perwakilan 34 provinsi se-Indonesia berlaga pada 22 cabang olahraga (22 cabang olahraga wajib, 2 cabang olahraga ekspedisi) bahwa peserta  telah menunjukkan kemampuan, menghasilkan prestasi dan record, dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas sesuai dengan tema “BERPRESTASI UNTUK NEGERI”.

Lebih jauh dikatakannya Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI tahun 2023 bukan hanya semata-mata mencari juara tetapi mencari persahabatan dan persaudaraan bagi pelajar dan insan olahraga. Sebab itu, mari terus membangun persatuan dan kesatuan sebagai insan olahraga dan pelajar yang memupuk rasa persatuan dan terus mempercepat jalinan silaturahmi.

Baca Juga :  Polusi Udara Kian Buruk, Dinas Kesehatan Palembang Ingin Buka Posko

Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Iapun mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan para peserta pada acara Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Ke XVI Tahun 2023 ini di Sumatera Selatan.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, merasa bangga telah bertemu dengan insan-insan olahraga dari seluruh Indonesia. Selamat kepada para juara, teruslah berprestasi, jangan cepat puas diri, perjalanan kalian masih panjang, kejuaraan demi kejuaraan menanti kalian di depan, berlatihlah dengan dedikasi, semoga kedepan prestasi kalian akan lebih tinggi lagi dan untuk yang belum menjadi juara jangan berkecil hati, teruslah berlatih dan berjuang lagi di ajang berikutnya,” jelasnya.

    Komentar