oleh

Status Unik Pagar Alam Jadikan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Sejalan Visi Misi Pemkot

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP) yang menjadi program Gubernur Herman Deru, dinilai sangat sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam.

Hal ini disampaikan Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni, saat membuka sosialisasi SMP Dinas Ketahanan Pangan Sumsel bertempat di Ruang Rapat Besemah I Setdako Pagar Alam, Kamis (7/10/2021).

Walikota mengatakan, Pemkot Pagar Alam sangat mendukung program tersebut. Sebab, program ini nantinya akan dapat memberdayakan keluarga, terutama dalam penyediaan makanan sumber pangan dan gizi.

“Selain itu, program ini juga sejalan dengan visi dan misi Kota Pagar Alam,” terang Alpian.

Menurut Alpian, dalam mendukung program Gubernur Sumsel ini, Pemkot Pagar Alam juga telah melaksanakan program-program yang berkaitan dengan pangan, seperti pemberian bantuan kredit usaha rakyat (KUR), penyebaran benih ikan dan bantuan stek kopi.

“Bicara tentang ketahanan pangan, Pagar Alam ini merupakan kota yang unik. Walaupun berstatus kota, tetapi penghasilan utamanya adalah pertanian, bukan dari industri, seperti halnya pada kota-kota lainnya,” ungkap Alpian.

Melalui program ini, Walikota berharap para peserta dapat mengikuti sosialisasi ini secara serius sampai dengan selesai. Sehingga apa yang menjadi pokok bahasan akan dapat diterapkan di Pagar Alam.

“Terutama untuk mewujudkan kemandirian pangan dan penentasan kemiskinan,” ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Hortikultura Sumsel, Raden Bambang Pramono menambahkan, sosialisasi ini untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga melalui pengembangan ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan, dengan memanfaatkan sumber daya setempat secara berkelanjutan. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya