oleh

Sriwijaya Ranau Grand Fondo Diikuti Ribuan Peserta

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Pelaksanaan Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang rencananya akan diselenggarakan pada Sabtu, 13 November 2021, bakal diikuti ribuan peserta. Sampai dengan Selasa kemarin (9/11/2021), sudah 2.440 peserta mendaftar untuk mengikuti event sepeda santai tersebut.

Angka ini bahkan telah melebihi peserta Event bersepeda tahunan di Provinsi Sumsel yang mulai digelar sejak 2019. “Peserta ini terdiri dari 20 Provinsi. Angka ini bisa lebih karena belum termasuk peserta yang mendaftar offline,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel), Aufa Syahrizal, Rabu (10/11/2021).

Ribuan peserta yang telah mendaftar berasal dari berbagai Provinsi dan terdiri dari komunitas sepeda, individu, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

Bahkan, menurut Aufa, jumlah peserta akan terus bertambah sampai hari penyelenggaraanya nanti jika melihat dari tahun sebelumnya dimana peserta banyak mendaftarkan diri pada hari H langsung di lokasi.

“Jadi kemungkinan prediksi kami tahun ini jumlah peserta bisa mencapai 2.700-2.800 orang,” terangnya.

Lanjut Aufa, ada tiga kategori event bersepeda yang berlangsung di Kabupaten OKU Selatan ini. Pertama kategori road bike yang akan menempuh lintasan sejauh 132 kilometer. Kedua kategori mountain bike dengan lintasan 68 kilometer. Terakhir kategori sepeda mini dengan jarak tempuh 34 kilometer.

“Selain itu, untuk mengikuti event ini, peserta wajib melakukan vaksinasi COVID-19. Kami akan siapkan tempat khusus untuk vaksinasi,” kata Aufa.

Event kali ini juga nantinya bakal dihadiri Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno. “Jika tidak ada halangan, Menparekraf akan hadir. Sudah kami sampaikan undangannya,” katamya.

“Even ini juga menjadi pertanda kebangkitan industri pariwisata di saat pandemi. Seluruh tempat penginapan di OKU Selatan dan sekitarnya hampir penuh. Mudah-mudahan bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian warga,” tambahnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya