oleh

ShopeePay Semangat UMKM Lokal Hadir di Palembang untuk Dorong Pemulihan Bisnis UMKM dan Ekonomi Lokal

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG,Sebagai langkah lanjutan untuk membantu pemulihan bisnis UMKM dan ekonomi lokal, ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, kali ini menghadirkan program Semangat UMKM Lokal di kota Palembang, Sumatera Selatan. Melalui program ini, ShopeePay ingin membantu meningkatkan visibilitas UMKM lokal agar mereka dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan fitur dan promo yang dihadirkan. Promo cashback hingga 60% ditawarkan ShopeePay khususnya di dua sentra UMKM favorit di Palembang, yaitu Le Garden dan Nakemano pada 5-11 September 2021.

Sejalan dengan komitmen ShopeePay untuk menyediakan akses pembayaran digital yang mudah, aman, dan memuaskan ke seluruh wilayah di Indonesia, ShopeePay merangkul pelaku UMKM agar lebih familiar dengan ekosistem digital salah satunya dengan memperkuat implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Di Sumatera Selatan sendiri, potensi pertumbuhan ekonomi digital terbukti dari Data Laporan Triwulan Bank Indonesia untuk Sumatera Selatan pada Februari 2021. Laporan tersebut menunjukkan implementasi QRIS meningkat dari 54.581 merchant pada triwulan IV 2019 menjadi 165.859 merchant atau tumbuh 203,88% (yoy). Hal ini menjadi peluang bagi pemain pembayaran digital untuk semakin mendorong lebih banyak UMKM masuk ke ekosistem digital.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, “Program Semangat UMKM Lokal hadir sebagai upaya berkelanjutan dari ShopeePay untuk menghadirkan solusi dari hulu ke hilir bagi para pemilik UMKM di kota Palembang. Terhadap situasi saat ini, peningkatan literasi digital dan pemanfaatan teknologi bagi pelaku UMKM menjadi salah satu kunci utama dalam menggerakkan roda bisnis UMKM. Dengan sistem pembayaran digital yang terintegrasi dalam ekosistem QRIS dan promo cashback spesial yang kami hadirkan dalam program Semangat UMKM Lokal, ShopeePay ingin membantu bisnis UMKM untuk pulih kembali, khususnya di momen saat ini. Bersama-sama, kita dorong UMKM dan ekonomi lokal bangkit.”
Selain menghadirkan program cashback hingga 60%, ShopeePay juga menghadirkan Promo Mal Sekitarmu berupa voucher diskon sebesar 60% bagi masyarakat kota Palembang yang dapat diakses melalui fitur Deals Sekitarmu. Tak hanya itu, ShopeePay juga menghadirkan sebuah laman khusus ShopeePay Semangat UMKM Lokal di aplikasi Shopee guna meningkatkan visibilitas bisnis dari berbagai kota yang dikunjungi oleh program ini, serta mendorong antusiasme pengguna terhadap produk dan layanan para pegiat usaha tersebut.

Geliat Bertahan di Masa Pandemi dan Semangat Dorong Ekonomi Lokal
Berbagai tantangan dan pasang surut bisnis harus dilalui oleh setiap pengusaha, termasuk situasi pandemi yang berdampak pada operasional bisnis dan menuntut pemilik usaha untuk lebih cerdas mengatasi situasi yang ada. Valencia Arifin, Owner Jiro Ramen mengatakan, “Saat pandemi Covid-19 hadir di Indonesia, khususnya Palembang, bisnis Jiro Ramen benar-benar terdampak. Kami pun terpaksa harus tutup 2 bulan sesuai kebijakan pemerintah saat itu walaupun di sisi lain saya sebagai pelaku bisnis memiliki tanggung jawab bagi para karyawan Jiro Ramen. Namun, saya bersama tim tidak menyerah dan berhasil membawa Jiro Ramen melewati masa sulit di awal pandemi bertahan hingga sekarang,” katanya, Jumat (10/9/2021).

Berbagai upaya dilakukan Valencia untuk bertahan, mulai dari analisis modal, menambah varian menu, memanfaatkan media sosial, hingga integrasi dengan ekosistem digital, yakni layanan pembayaran digital ShopeePay. “Setelah bergabung menjadi merchant ShopeePay, hadirnya cashback yang disediakan ShopeePay menjadi stimulus bagi Jiro Friends, sebutan komunitas pecinta Jiro Ramen, untuk mampir ke gerai dan lebih antusias menggunakan pembayaran digital. Kami harap ke depannya Jiro Ramen dan ShopeePay dapat berjalan beriringan dalam mengembangkan bisnis. Tidak hanya bagi Jiro Ramen, tetapi juga seluruh pegiat UMKM,” tutup Valencia.

Semangat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal juga tercermin dari Komunitas Tangan Di Atas (TDA) yang saling bahu membahu mendukung pemilik usaha yang tergabung dalam komunitas untuk bangkit. Asep Somanhudi, Ketua Komunitas Tangan Di Atas Palembang 5.0 menuturkan, “Saya percaya industri kuliner merupakan salah satu industri yang kompetitif dan kerap kali menuntut para pelaku usaha untuk terus kreatif dan inovatif. Di dalam komunitas Tangan Di Atas, kami mengedepankan diskusi dan kolaborasi guna menemukan strategi yang tepat bagi pelaku bisnis. Terlebih karena di era digital saat ini, para pelaku usaha di industri kuliner harus dapat beradaptasi dengan memaksimalkan penggunaan teknologi digital dalam bisnisnya. Kami berharap program Semangat UMKM Lokal yang diinisiasi ShopeePay ini dapat menjadi pendorong bagi masyarakat untuk bertransaksi secara digital di gerai UMKM dan mendorong UMKM bangkit kembali.”

Selama program Semangat UMKM Lokal berjalan, ShopeePay juga memperkenalkan Mitra Shopee sebagai layanan yang dapat membantu para pemilik warung tradisional di Palembang dan kota lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan produk digital lainnya. (Rel)

Komentar

Berita Hangat Lainya