Sapi Kurban Jokowi untuk Warga Palembang Berbobot 1,13 Ton, Namanya Bule

Kota Palembang276 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkurban untuk warga Palembang. Sapi Simental dari peternakan Sapi Dwikarya Farm dipilih sebagai hewan kurban Jokowi.

Sapi yang diberi nama Bule itu berbobot 1.13 ton. Bule dipilih menjadi hewan kurban Jokowi berdasarkan usulan kepada Sekretariat Presiden. Dari 3 pilihan, Setpres menilai Bule yang paling pas sebagai hewan kurban Jokowi saat Idul Adha nanti.

“Alhamdulillah, terharu ya Sapi kami dipilih menjadi hewan kurban Jokowi,” ungkap pemilik Dwikarya Farm, M Idil Fitriansyah, ditemui di kandang ternaknya di Jalan Pangeran Ayin, Lorong Saudara, Kecamatan Sako Palembang, Minggu (9/6/2024).

Baca Juga :  INKAI Sumsel Miliki Wisma Atlit Mandiri

Sebelumnya, kata Aidil, pada 2020 sapi di peternakannya juga terpilih untuk sapi Presiden Republik Indonesia.

“Tahun 2020 Sapi Presiden Jokowi juga dari sini. Kemudian tahun 2021 juga di tempatkan di sini tapi milik teman namanya Eko. Alhamdulillah di tahun 2024 diberikan kepercayaan lagi,” kata Idil.

Bule sendiri dijual dengan harga Rp125 juta. “Untuk harga Rp125 juta, tetapi masih dinegosiasikan,” terang Idil.

“Bule ini makanannya minimal 10 kg. Makannya seperti ampas tahu, konsentrat tambahnya bekatul, kulit ubi, dan ampas ubi,” tutur Idil.

Baca Juga :  PJ Gubernur Launching Kantor Penerbitan Dokumen Elektronik di Lingkungan Kanwil BPN Sumsel

Anak Idil, Aprilia Cerry Natalin Novita mengatakan, bahwa Bule merupakan Sapi kesayangannya. “Bule ini dulunya dibeli dari Lampung, diberi nama Bule karena bulu matanya berwarna putih,” kata Aprilia.

Meski hewan kesayangan, tak ada perlakuan khusus terhadap Bule.

“Sama seperti sapi-sapi lainnya setiap pagi dimandikan. Diberi makan 3-4 kali sehari dan pada sore hari dikeluarkan dari kandang ke lapangan,” ungkap Aprilia.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumsel Rahmat Mulia Harahap menambahkan, Bule akan dikurbankan di Masjid Raya Taqwa Kota Palembang.

Baca Juga :  Ratu Dewa, Serahkan Alat Bantu Pendengaran Hingga Sembako, Penyandang Disabilitas

“Bule akan dibawa pada 16 Juni 2024 ke Masjid Raya Taqwa. Jadi saat ini si Bule masih di rempatkan di sini,” kata Rahmat. (ANA)

    Komentar