Salat Istisqa Minta Turun Hujan, Kapolda: Berdoa agar Kabut Asap Hilang

Polda Sumsel, Sumsel157 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Guna meminta hujan turun, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Salat Istisqa. Salat ini diikuti oleh TNI, Polri, dan Forkompinda Polda Sumsel, Jumat (15/9/2023), di halaman gedung utama Mapolda Sumsel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo menuturkan, salat Istisqa ini sebagai bentuk kepedulian dan doa bersama untuk meminta hujan, agar kabut asap dapat hilang.

“Kita laksanakan ini adalah memohon ridho Allah SWT untuk dapat diturunkan hujan. Selaku umat beragama, kita harus berikhtiar dan memohon doa,” tutur Rachmad.

Baca Juga :  Sanksi Pembakar Lahan dan Hutan: Penjara 10 Tahun dan Denda Rp 10 Miliar!

Menurut Rachmad bahwa segala sesuatu yang di hadapi bangsa ini merupakan kehendak dari Allah Subhanahu Wa Ta’alla.

“Dengan demikian kita meyakini bahwa dengan ikhtiar lahir berupa kerja keras, berusaha yang tekun. Dan ikhtiar batin berupa doa, zikir, dan ibadah, maka insya allah segala sesuatu yang sedang kita hadapi dapat terselesaikan dan Sumsel aman dari bencana karhutla,” kata Rachmad.

Untuk diketahui, saat ini kabut asap di Kota Palembang terjadi peningkatan akibat karhutla yang terjadi wilayah Provinsi Sumsel.

Baca Juga :  Status Tanggap Darurat Bencana Karhutla, Polres OKI Tambah Personel

Dampak asap yang di timbulkan tersebut dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), asma, penyakit paru obstruktif kronik.

IMG 20230915 WA0095

Kemudian penyakit jantung serta iritasi pada mata, tenggorokan dan hidung serta tersebarnya asap. Dan emisi gas karbondioksida hingga gas-gas lain ke udara juga akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim.

“Kami berharap dengan upaya ini dapat mencegah dan menanggulangi karhutla di wilayah hukum Polda Sumsel,” tutur Rachmad. (ANA)

    Komentar