Safety Campaign dan Upaya Serius Kilang Pertamina Plaju Kampanyekan Aspek CLSR Sebagai Pilar Keselamatan Kerja

Kota Palembang356 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Kilang Pertamina Internasional Plaju terus bertekad kuat untuk menjadi perusahaan pengolahan migas yang mendukung terciptanya lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi seluruh pekerjanya.

Sebagai bagian dari komitmennya, berbagai program yang berkaitan dengan aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE) terus digalakkan, dibudayakan dan dilembagakan oleh manajemen dan pekerja, salah satunya dengan Toolbox Meeting & Safety Campaign yang diinisiasi oleh Fungsi Operational Performance Improvement (OPI).

Toolbox Meeting sendiri adalah upaya untuk mengingatkan kepada para pekerja tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di area kerja. Hampir mirip dengan itu, ada juga Safety Campaign sebagai bentuk kampanye rutin keselamatan kerja yang digelar setiap memulai pekerjaan yang rentan terhadap risiko keselamatan kerja.

Baca Juga :  Ancaman Karhutla di Musim Kemarau, Personel Polrestabes Palembang Salat Istisqa

Pada Jumat (15/9/2023) saat hendak mengawali pekerjaan Fabrikasi Install New Deaerator di Package Boiler Utilities Kilang Plaju yang dikerjakan oleh PT Brikasa sebagai pihak ketiga, Safety Campaign kembali digelar berbarengan dengan Toolbox Meeting.

Dalam kampanye ini, para pekerja membawa atribut kampanye yang berisikan tulisan dan imbauan agar mitra kerja mematuhi CLSR (Corporate Life Saving Rules) sebagai pilar aspek Safety di Pertamina. Salah satu poinnya, yakni pekerja dan mitra kerja harus menggunakan alat pelindung diri dengan benar, dan melaporkan insiden yang terjadi.

Dalam kampanye ini juga disampaikan bahwa sebagian besar insiden yang terjadi di tempat kerja dapat dicegah dengan tindakan yang tepat dan bahwa keselamatan merupakan tanggung jawab bersama.

Baca Juga :  Pemprov Sumsel Tingkatkan Kapabilitas Penyelesaian Permasalahan Pengadaan Barang dan Jasa

Pjs. Area Manager Communication, Relations Kilang Pertamina Plaju, Perliansyah berharap melalui Safety Campaign ini, dapat terbangun pemahaman yang lebih di kalangan pekerja untuk terus menekankan pentingnya keselamatan di tempat kerja.

“Kilang Pertamina Plaju akan terus berkomitmen dalam membudayakan aspek-aspek safety dalam setiap pekerjaan yang dilakukan di unit operasi, salah satunya kita implementasikan dengan mengkampanyekan aspek Corporate Life Saving Rules,” ujar Perli.

Ia menambahkan, perseroan yakin bahwa dengan meningkatkan kesadaran dan memastikan bahwa setiap pekerja memahami pentingnya keselamatan, maka lingkungan kerja yang aman dan sehat dapat tercipta, yang bermuara pada peningkatan kinerja operasional perusahaan secara keseluruhan.

Dukung Implementasi SDGs dan ESG Komitmen pada penegakkan aspek Safety dan khususnya CLSR melalui Safety Campaign dan Toolbox Meeting ini, menjadi wujud dukungan Kilang Pertamina Plaju terhadap beberapa poin Sustainable Development Goals (SDGs), di antaranya poin ketiga tentang Kesehatan dan Kesejahteraan, serta poin kedelapan tentang pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan.

Baca Juga :  Oktober Kenaikan Tarif PDAM Palembang Ada Tiga Kategori Kelompok 

Selain itu, kegiatan ini juga sejalan dengan Environmental, Social, and Governance (ESG) framework, terutama pada bagian Social dan Governance. Dengan ini, Kilang Pertamina Plaju menunjukkan komitmen dalam memperbaiki praktik keselamatan di seluruh unit operasi, dan dengan melakukan kampanye keselamatan ini, Kilang Pertamina Plaju telah membuktikan diri sebagai perusahaan migas yang memandang penting kesejahteraan pekerjanya.

    Komentar