Polres Pagar Alam Sosialisasikan Imbauan Cegah Karhutla di Daerah Rawan

Pagar Alam154 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kota Pagar Alam, khususnya di lokasi objek wisata Gunung Dempo, jajaran Sat Binmas Polres Pagar Alam melakukan pemasangan spanduk, stiker dan juga imbauan bahaya Karhutla.

Stiker itu terkait imbauan Karhutla di lokasi yang dianggap rawan terjadinya kebakaran lahan. Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Irawan mengatakan, pemasangan stiker dilakukan di beberapa ruas titik rawan Karhutla.

Ada juga lokasi yang memiliki kultur lahan perbukitan yang muda terbakar. Di antaranya di objek wisata Gunung Dempo Pagar Alam.

Erwin menjelaskan, tujuan imbauan Karhutla sebagai upaya pencegahan dini. Dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya Karhutla, Polres melibatkan semua pihak, baik pemerintah setempat dan masyarakat pada umumnya.

“Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan manusia yang tinggal di sekitar lokasi dan mencegah kerugian yang ditimbulkan. Apalagi wilayah Kota Pagar Alam saat ini memasuki musim kemarau,” katanya.

IMG 20231002 WA0094

Pihaknya juga melakukan upaya sosialisasi dan edukasi tentang bahaya Karhutla kepada tingkat level paling bawah, dan saling bekerjasama dengan stakeholder untuk bersama-sama melakukan penyuluhan dan sosialisasi.

“Kita berharap dengan adanya sosialisasi Karhutla sejak dini, dapat merubah mindset atau pola berpikir masyarakat terhadap dampak buruk yang diakibatkan. Apalagi kita sudah beberapa kali mengalami langsung dampak kabut asap kiriman akibat Karhutla dan kejadian kebakaran di lokasi Gunung Dempo beberapa tahun lalu,” tuturnya. (ANA)

    Komentar