oleh

Polisi Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp52 Miliar

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Ditpolair Polda Sumsel berhasil gagalkan penyelundupan benih Lobster dari tiga pelaku. Ketiga pelaku tersebut ialah, Mulyadi, Hasan dan Jaswari Ibrahim.

Mulyadi (45), merupakan warga Desa Sungai Lebung, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten OI, Hasan (53) warga Desa Suka Merindu, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir (OI), dan Jaswari Ibrahim (19) warga Jalan Gubernur H Bastari, Lorong Air Mancur, Kecamatan Jakabaring Palembang.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto, didampingi Dir Ditpolairud Polda Sumsel, Kombes Pol Y S Widodo dan Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi mengatakan, kasus ini terungkap berkat adanya informasi masyarakat mengenai kegiatan bongkar muat yang mencurigakan di pinggiran Sungai Desa Merah Mata, Kabupaten Banyuasin, pada Kamis (28/4/2022) sekitar pukul 18.20 WIB.

Baca Juga  Empat Pelaku Pengeroyokan di Cinde Tertangkap

“Mendapatkan informasi tersebut, kita langsung melakukan patroli dan juga penyidikan, penyelidikan,” ungkapnya, Jumat (29/4/2022).

Setelah itu, terang Toni, pada pukul 23.35 WIB, Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Sumsel, Kompol Budi Santoso, bersama ABK Kapal mendatangi TKP. Setibanya di TKP, anggota langsung melakukan penangkapan terhadap tiga pelaku yang melakukan penyelundupan Benih Lobster.

“Para pelaku ini merupakan buruh angkut dari Speedboat Sei Sembilang yang telah melakukan bongkar muat benih lobster sebanyak 88 kotak dari speedboat,” ujarnya.

Dari 88 kotak yang diamankan, berisikan dua jenis lobster yakni jenis Pasir sebanyak 516.000 ekor dan jenis mutiara sebanyak 100.800 ekor sehingga di total mencapai 616.800 ekor.

Baca Juga  Selama 4 Bulan, M Bersama Anaknya Disekap-Dianiaya Kekasih

“Tidak hanya benih lobster, anggota kita turut mengamankan satu unit mobil merek Daihatsu Grand Max nopol B 9351 BRO atas nama Ripan Nikbalsyah, satu unit Speedboat Merek Kartika dan satu unit speedboat merek Sei Sembilang,” ungkapnya.

Menurut Toni, benih lobster tersebut akan siap kirim ke negara Singapura dan Vietnam. Total kerugian negara dari kejadian ini bekisa Rp52 miliar. (ANA)

Komentar