oleh

Perkokoh Identitas Budaya, Ini yang Harus Dilakukan

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Upaya memperkokoh identitas budaya dan memotivasi generasi muda untuk lebih mencintai budaya, Yayasan Pesake Kota Pagar Alam menggelar seminar nasional festival budaya “Mendale Kencane Mandalike”. Seminar Nasional ini dibuka Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni, di Aula belakang SD Negeri 74 Pagar Alam, Rabu (24/11/2021).

Acara ini juga turut dihadiri Yayasan Pesake Sumatera Selatan Awang Bastarisuan, Ketua Lembaga Adat Pagar Alam Firmansyah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Sanggar IKPKB, Mencak Pagar Alam, Kuntau Guru, serta juray tue Lapik Empat Mardike Due.

Ketua Pelaksana Raden Ayu Dewi Saputri mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi kepada generasi muda untuk dapat mencintai, mendokumentasikan budaya Kota Pagar Alam.

“Serta untuk memperkokoh identitas budaya agar tidak hilang,” paparnya.

Sementara Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni, mengatakan bahwa potensi budaya dapat dimanfaatkan untuk kemajuan Pagar Alam, khususnya dari sektor pariwisata. Apabila ini tidak dilestarikan generasi muda, maka bukan tidak mungkin hal ini akan tenggelem.

Pasalnya, kata Alpian, Budaya adalah sesuatu kebiasaan yang sudah berjalan lama di suatu daerah, dan sekarang justru sudah terbalik,dimana kebiasaan yang baru malah di anggap budaya.

“Dan budaya ini perlu dikemas dan dijaga untuk mengembalikan budaya ke posisi yang sebenarnya,” terangnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya