oleh

Pemkot Merasa Terbantu MAI Cafe Promosikan Kopi Pagar Alam

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Jika sebelumnya fokus pada pengelolaan Sistem Resi Gudang (SRG), kini Koperasi Produsen Masyarakat Agribisnis dan Agroindustri (MAI) Pagar Alam beranjak ke kedai kopi.

MAI Cafe dan Resto beralamat di Desa Air Laga, Kelurahan Kuripan Babas, Kecamatan Pagar Alam Utara, tepatnya di samping kampus Institut Tekhnologi dan Bisnis (ITBis) Lembah Dempo. Launching MAI Cafe sendiri dilakukan Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni, sekaligus launcing SRG, Rabu (3/11/2021).

Dalam sambutanya, Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa kopi adalah produk unggulan yang berperan besar terhadap perekonomian, sebagian besar menjadi sumber penghidupan masyarakat.

“Sehingga harus didorong untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi peningkatan ekonomi, khususnya masyarakat Pagar Alam,” papar Alpian.

Dia menjelaskan, berbagai upaya pun dilakukan pemerintah, mulai dari stek kopi, sistem petik merah hingga membangunn rumah produksi bagi petani kopi, serta fasilitas dan alat produksi untuk mendukung penggiat Kopi di Pagar Alam.

Akan tetapi, kata Alpian, semua ini akan berjalan dengan maksimal jika didukung masyarakat dalam meningkatkan nilai tambah dari  komoditi kopi ini.

“Dengan adanya MAI Cafe ini, akan menjadi nilai jual tersendiri serta mampu mempromosikan kopi Pagar Alam secara luas,” terang Alpian.

Ketua Koperasi Produsen MAI Pagar Alam, Nisdiarti, menambahkan, bahwa berdirinya MAI Cafe dan Resto ini atas dasar beban moral selaku penggiat kopi.

“Sehingga menambah nilai tambah dari kopi itu sendiri, karena jika kopi sudah di edukasi menjadi kopi yang nikmat dan di minati, juga akan dapat menciptakan lapangan kerja untuk kaum milenial di Pagar Alam dan sekitarnya,” imbuhnya.

Ia tak menampik, bahwa di Pagar Alam sudah sangat banyak kedai ataupun cafe yang menawarkan kopi, namun MAI Cafe hadir dengan strategi yang  berbeda.

“Salah satunya mengedepankan produk lokal serta harga yang terjangkau, serta menyediakan ruang pelatihan barista, bekerjasama dengan empat Perguruan Tinggi di Pagar Alam,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya