oleh

Pemilih Pemula, Bawaslu Ajak Pelajar Lakukan Pengawasan Partisipatif Pemilu

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Sebagai pemilih pemula pada pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada masanya nanti, Badan Pengawas Pemilihan Umun (Bawaslu) Pagar Alam mengajak siswa-siswi yang saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menjadi pengawas partisipatif.

Hal ini disampaikan Devisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Pagar Alam, Emi Deshartika, pada sosialisasi pengawasan partisipatif pemilih pemula¬† terhadap kapada siswa-siswi dari beberapa sekolah yang ada di Kota Pagar Alam di Aula Hotel Favour, Jum’at (10/09/2021).

Dia megatakan, dalam kegiatan ini tugas-tugas sebagai pengawas pemilu diberikan kepada seluruh peserta sosialisasi, karena peran dan tugas Bawaslu adalah melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu juga sengketa saat proses pemilu.

“Perlu mereka ketahui bahwa tugas Bawaslu adalah mengawasi yang terdiri dari mengawasi persiapan penyelenggara pemilu, mengawasi pelaksanaan tahapan, netralitas Aparatur Sipil Negara, keputusan, dan mengawasi pelaksanaan peraturan Komisi Pemilihan Umum,” paparnya.

Selain menyampaikan tugas pokok dari Bawaslu, Emi juga mengajak juga seluruh siswa agar ikut serta menjadi pengawas partisipatif dalam perhelatan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota juga DPRD yang akan datang.

“Jika nanti menemui adanya kecurangan dalam pemilihan agar siswa peserta sosialisasi ini dapat melaporkan kepada Bawaslu Kota Pagar Alam dan selanjutnya dapat ditelusuri kebenaran informasi awal tersebut,” ujar Emi.

Dan terpenting, bagaimna caranya agar mereka calon pemilih pemula ini nantinya dapat juga berpartisipasi dalam meningkatka¬† partisipasi pemilih di Kota Pagar Alam, baik itu Pileg maupun Pilkada. “Sehingga partisipasi pemilih meningkat setiap tahunnya,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya