Nikah 10 Desember, Mas Kawin Kaesang – Erina Sangat Sederhana

Selebriti124 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, SOLO – Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan segera menikah.

Pernikahannya Kaesang dan Erina Gudono akan dilangsungkan, Sabtu (10/12/2022). Persiapan dilakukan dikabarkan sudah matang mencapai 100 persen.

Dilansir kompas.com, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menjalani prosesi siraman Jawa secara terpisah di kediamannya masing-masing.

Prosesi siraman Kaesang akan digelar di Solo.

Sementara Erina akan melakukan siraman di kediamannya, Sleman, DIY. Rangkaian acara Erina Gudono akan dilaksanakan pada 8 Desember 2022.

“Tanggal 8 ada semak-an (tadarusan) Al Quran dulu, terus ada pengajian,” kata pemilik Wedding Organizer Pengantin Production Dani Wigung di kediaman Erina Gudono, Kamis (1/12/2022).

Dani mengatakan, setelah pengajian akan dilakukan prosesi siraman. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan acara midodareni.

Sementara itu, Kaesang akan melakukan prosesi siraman di Solo.

“Siraman untuk keluarga putra kan menyelenggarakan sendiri di Solo. Jadi, di sana siraman, di sini juga siraman,” kata Dani.

Menurut keterangan Dani, Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan hadir di prosesi midodareni di kediaman Erina Gudono.

Presiden Jokowi juga akan hadir di acara akad nikah pada 10 Desember 2022 mendatang.

“Direncanakan sejauh ini di midodareni (Presiden Jokowi) mau rawuh (akan datang), sama yang di akad itu pasti. Karena siraman keluarga putra kan menyelenggarakan sendiri di Solo,” terangnya.

Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, akan menjadi bagian dari venue pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Loji Gandrung akan menjadi lokasi awal kirab kereta kencana kedua mempelai dan keluarga.

Rencananya, setelah acara ngunduh mantu pada Minggu (11/12/2022) pagi selesai, kedua mempelai akan dikirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran Solo.

“(Loji Gandrung) untuk start kirab saja,” kata kakak Kaesang, Gibran Rakabuming kepada TribunSolo.com, Rabu (30/11/2022).

Gibran juga mengatakan prosesi siraman dan midodareni akan dilaksanakan di rumah pribadi di Sumber, Banjarsari, Kota Solo.

“Siraman di rumah, midodareni di rumah, (menyebar) udik-udik di rumah dan lain-lain. Pengajian di rumah juga, rumah pribadi,” katanya.

Kaesang dan Erina akan melangsungkan pernikahan di Hotel Royal Ambarrukmo pada 10 Desember 2022.

Kepala KUA Depok, DIY, M. Wiyono mengatakan rencana maskawin Kaesang untuk Erina.

“Untuk (maskawin) sementara seperangkat alat salat dan uang Rp300 ribu. Ini sifatnya sementara ya. Kalau ada perubahan, monggo segera sampaikan info perubahan,” kata M. Wiyono, Jumat (25/11/2022). (*)

Komentar