Natal dan Tahun Baru 2022, Divre III Palembang Angkut 20.876 Pelanggan Kereta Api

KAI53 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Pelaksanaan masa layanan Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2022), yang dimulai dari 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 lalu. Telah terlaksana lancar dan tertib. Tercatat, ada 20.876 penumpang yang terangkut atau naik 73 persen dari tahun sebelumnya.

Kabag Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan, Rabu (5/1/2022), selama masa libur Nataru, mencatat volume pengguna KA yang sudah dilayani. Mulai awal masa Angkutan Nataru hingga 4 Januari 2022 adalah 20.876 pelanggan pengguna kereta api. Atau 57% dari program selama masa Nataru.

“Untuk rata-rata harian 1.098 pelanggan per harinya. Kereta api yang beroperasi saat ini adalah KA Bukit Serelo relasi Kertapati – Lubuk Linggau (PP), KA Rajabasa relasi Kertapati – Tanjungkarang (PP), dan KA Komersial Sindang Marga relasi Kertapati – Lubuk Linggau (PP).

Jumlah ini meningkat 73% dibanding masa layanan Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya. Tercatat 12.101 yang memanfaatkan layanan kereta api jarak jauh di Divre III Palembang. Peningkatan tahun 2022 ini karena ada penambahan KA yang beroperasi dan kapasitas tempat duduk yang saat ini 80% dari kapasitas normal.

Meski terdapat peningkatan volume pelanggan, namun pelayanan berjalan dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. Sesuai dengan SE Kemenhub nomor 112 dan SE Kemenhub nomor 97 tahun 2021 tentang syarat perjalanan selama masa angkutan Nataru. Dari tanggal 17 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022, selain penggunaan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak, baik di stasiun maupun selama perjalanan tetap diwajibkan untuk ditaati oleh pengguna jasa kereta api.

Selama masa layanan Nataru ini volume pengguna kereta api tertinggi tercatat pada tanggal 19 Desember 2021, sebanyak 1.590 dan Minggu, 2 Januari 2022 yaitu 1. 508 pelanggan. Sedangkan yang batal berangkat selama masa Nataru sebanyak 1.662 pelanggan. Karena alasan kesehatan, belum vaksin, tidak memiliki surat keterangan antigen maupun PCR.

KAI Divre III mengucapkan terima kasih kepada pengguna jasa yang selama masa pandemi ini, tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, KAI konsisten mendukung semua upaya dalam pencegahan penyebaran covid 19. (Rel)

    Komentar