oleh

Miris, Sumsel tidak Pernah Dikunjungi Wisatawan Mancanegara Selama 2021

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Wisatawan mancanegara  (Wisman) tercatat tidak pernah mengunjungi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) selama tahun 2021. Kunjungan Wisman di masa pandemi COVID-19 di tahun ini, tercatat nol persen.

Dibandingkan tahun 2019 lalu, jumlah Wisman yang berkunjung ke Bumi Sriwijaya mencapai 15.846 orang. Sedangkan 2020 berkurang menjadi 2.297, tepatnya turun 85,5 Persen. Sementara tahun ini belum ada yang berkunjung.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal, tidak adanya kehadiran Wisman sangat berdampak besar bagi perekonomian.

“Yang pasti, akibat pandemi COVID-19, jumlah arus kunjungan wisatawan ke Sumsel menurun drastis, hampir mendekati 80 persen. Utamanya Wisman, nol persen,” kata Aufa, saat dikonfirmasi, Senin (4/10/2021).

Aufa mengungkapnya, salah satu faktor yang menyebabkan tidak adanya kunjungan Wisman, karena penerbangan langsung dari Malaysia dan Singapura di tutup total.

Tanpa kehadiran wisatawan asing, dan adanya pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Sumsel kini hanya bertumpu pada kunjungan wisatawan domestik.

“Dengan adanya pelonggaran PPKM, jumlah arus wisatawan domestik ke Sumsel mulai merangkak naik, utamanya di daerah-daerah tujuan wisata yang berada pada level 2, seperti Pagar Alam, Lahat, Lubuk Linggau, Muara Enim dan lainnya,” ungkap Aufa.

Dengan mulai naiknya jumlah wisatawan domestik ini, lanjut Aufa, di Kota Palembang juga terkena kena imbas. Di Palembang, berdasarkan laporan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), beberapa pekan terakhir, tingkat hunian hotel meningkat cukup signifikan, utamanya saat akhir pekan. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya