oleh

KPH X Dempo Cek Bantuan Bibit Pohon dari BPTH, Pastikan Tepat Sasaran

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Bantuan bibit tanaman yang disalurkan Balai Pembenihan Tanaman Hutan (BPTH) Palembang, dilakukan pengecekan oleh tim KPH Wilayah X Dempo. Pengawasan yang dilakukan tak lain untuk memastikan apakah bantuan tersebut tepat sasaran atau tidak.

Di sisi lain, program bantuan bibit tanaman hutan tersebut, turut mendukung menjaga ekosistem hutan yang ada di wilayah Pagar Alam.

“Ribuan bibit tanaman dari BPTH Palembang sudah disalurkan tahun 2020. Tahun ini kita lakukan pengecekan langsung ke lokasi lahan kelompok yang menerima bantuan,” ucap Kepala KPH Wilayah X Dempo, Hery Mulyono, Rabu (10/11/2021).

Dia menyebutkan, kemarin lahan perkebunan di kawasan Krinjing Kecamatan Dempo Utara dilakukan pengecekan. Bantuan bibit tanaman dari BPTH ini, usulan proposalnya melalui KPH Wilayah X Dempo.

Ia  mengatakan bibit tanaman yang dimaksud seperti Duren, Nangka, Jengkol, dan Bambang. Untuk tahun ini juga, pihak KPH Wilayah X Dempo siap memfasilitasi usulan permintaan bantuan bibit pohon.

“Saat ini, cukup banyak usulan proposal masuk ke KPH. Dengan pilihan bibit tanaman seperti Gaharu, Sengon, Tanjung, Bambang, Flamboyan, Pinang, termasuk jenis tanaman buah buahan seperti Nangka, Duren, Petai, Jengkol,” terangnya.

Dia mengungkapkan, adanya program bantuan bibit dari BPTH ini sejurus untuk mensejahterahkan masyarakat. “Jika bibit tanaman itu hidup, masyarakat bisa memanfaatkan hasilnya, serta masyarakat juga harus turut menjaga kelestarian alam. Sebab, selain di tanam di areal perkebunan, juga di lahan lainnya, seperti lahan lindung atau di luar lindung,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya