oleh

Komitmen Bangun Pengarusutamaan Gender, Pagar Alam Terima APE

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A), menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Dinas PPKBP3A Pagar Alam, Paber Napitupulu, kepada Walikota, Alpian Maskoni, Senin (27/9/2021).

“Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan dan stakeholder Pemerintah Kota Pagar Alam, dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” terang Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni.

Ia mengatakan, bahwa Keberhasilan ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Pagar Alam  dalam Pembangunan Pengarusutamaan Gender di Pagar Alam, agar terwujudnya Kesetaraan Gender dan Keadilan Gender yang dituangkan dalam berbagai program dan kegiatan.

“Ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kita capaian ini tentu tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama semua stakeholder, terutama OPD yang terlibat dalam pelaksanaan PUG,” ujar Alpian.

Kepala Dinas PPKBP3A Pagar Alam, Paber Napitupulu, menambahkan bahwa Pengarusutamaan Gender (PUG) adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan serta keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia.

Melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program bidang kehidupan dan pembangunan.

“Dan kesetaraan Gender merupakan suatu proses yang seimbang antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh akses, kesempatan, partisifasi, kontrol dan manfaat hasil pembangunan Keadilan Gender adalah Suatu kondisi yang sama antara laki-laki dan perempuan dalam mencapai hak-hak dasar dalam keluarga, masyarakat dan negara,” imbuhnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya