Kegiatan Keagamaan Cap Go Meh, Sat Lantas Imbau Hindari Jalan Ini

Kota Palembang176 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Sat Lantas Polrestabes Palembang, mengimbau kepada masyarakat agar tidak melewati Jalan Mayor Zen hingga simpang Pusri Kecamatan Kalidoni dan sekitarnya.

Hal ini dilakukan, karena adanya kegiatan keagamaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro selama dua hari, 3-4 Februari 2023. Sehingga masyarakat diimbau untuk mencari jalan alternatif lainnya, dan tidak melewati Jalan Mayor Zen hingga simpang Pusri Kecamatan Kalidoni.

Ketika dikonfirmasi, Kasat Lantas Polrestabes Palembang, AKBP Rendy Surya Aditama, didampingi Kasubnit Ditmas Lantas, Aiptu M Muhtasor mengatakan, ini merupakan upaya pihaknya untuk mengatisipasi terjadinya kemacetan.

“Kita mengimbau masyarakat dari Pasar Lemabang, simpang Celentang, dan lainnya, untuk menghindari Jalan Mayor Zen hingga simpang Pusri Kecamatan Kalidoni dan sekitarnya. Karena akan ada perayaan keagamaan tersebut,” ungkap, Jumat (3/2/2023).

Dengan mencari jalan alternatif, lanjutnya, bahwa masyarakat dapat menghindari kemacetan panjang karena diperkirakan akan banyak masyarakat dari berbagai daerah memadati Jalan Mayor Zen hingga simpang Pusri Kecamatan Kalidoni dan sekitarnya untuk menyeberang ke Pulau Kemaro.

“Banyak jalan alternatif bagi masyarakat yang ingin melintasi Jalan tersebut, apalagi ini upaya kita agar masyarakat bisa lebih nyaman berlalu lintas tidak terjebak kemacetan yang panjang selama perayaan keagamaan ini,” katanya.

Selain itu, sambungnya, imbauan ini juga dilakukan di medsos, (media sosial), Intagram Sat Lantas Polrestabes Palembang, agar masyarakat mengetahui dan tidak kaget lagi dengan adanya himbauan yang diberikan kepada mereka.

“Kita juga menghimbau masyarakat lewat medsos kita lantas_palembang karena sekarang ini sistem informasi melalui medsos sangat cepat, sehingga diharapkan akan banyak masyarakat yang melihat himbauan kita ini,” ungkapnya.

Sehingga masyarakat dapat mencari Jalan alternatif selama dua hari perayaan Cap Go Meh tersebut, sehingga dengan himbauan yang diberikan dapat mengantisipasi adanya kemacetan maupun kepadatan di sekitar wilayah yang terdampak kegiatan Cap Go Meh tersebut.

Tidak hanya dari Palembang tapi juga warga Thionghoa diprediksikan akan memadati kegiatan Cap Go Meh di Pulau Kemaro. Sehingga diiimbau untuk menyiapkan beberapa hal seperti uang tunai, handphone, kamera, power bank dan kipas mini.

Sedangkan untuk jalan akses ke Pulau Kemaro sendiri, sudah disiapkan jembatan ponton dari kawasan Intirub, Kecamatan Kalidoni, Palembang. “Dalam perayaan ini untuk area parkir sudah disediakan oleh pihak penyelenggara sehingga para pejalan kaki, dapat tenang untuk permasalahan tersebut,” katanya.

Untuk keamanan, panitia sudah berkoordinasi mengenai keamanan kendaraan hingga mengaturan lalu lintas, begitu juga saat menyeberang ada petugas yang mengawasi agar tidak terjadi penumpukan massa.

Akses ke Pulau Kemaro juga bisa menggunakan Tongkang dari Dermaga 16 Ilir Palembang. Panitia sendiri sudah menyiapkan Tongkang yang akan membawa pengunjung ke Pulau Kemaro. (ANA)

    Komentar