oleh

Hindari Pasar Tumpah, Disperindag Siapkan Tempat Baru untuk Pedagang

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan PP Pagar Alam, mulai melakukan persiapan lokasi pasar rakyat yang baru yakni Pasar Tradisional Modern (PTM) Bumi Agung, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara, sebagai upaya penertiban pasar.

“Kita telah diberikan bantuan pembangunan Pasar Rakyat, yang bersumber dari dana pusat dan telah selesai. Maka, wajib bagi kita untuk mengisi dan menghidupkan pasar itu, jangan sampai ada pasar tumpah,” ungkap Kasi Bina Pasar dan Retribusi Disperindagkop UKM Dan PP Pagar Alam, Supratman, Kamis (16/9/2021).

Supratman menyebut, bahwa penghidupan Pasar Rakyat Bumi Agung, merupakan upaya dalam tertib Pasar, dengan tempat dan lokasi yang telah disiapkan, begitu juga terkait fasilitas sudah dilengkapi.

“Begitu semua sudah rampung dan siap, maka pedagang yang biasa menggelar barang dagangan di lokasi lama, akan segera kita relokasi ke lokasi baru. Untuk daya tampung di lokasi Pasar yang baru ini, memiliki daya tampung 144 kios dagang,” bebernya.

Terkait persiapan yang telah dilakukan Disperindagkop, sebelum merelokasi pedagang ke lokasi Pasar Bumi Agung yang baru, ujar Supratman, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan, yang telah berlangsung sejak sepekan lalu.

“Sosialisasi juga telah kita lakukan, dengan memasang sejumlah spanduk besar. Dan Minggu depan inshaa allah sudah bisa kita ujicoba, terpenting pedagang Pasar Tumpah itu bisa pindah terlebih dahulu, begitu telah tertib selanjutnya bisa diresmikan secara langsung oleh Walikota Pagar Alam,” tuturnya.

Supratman berharap, dengan upaya yang telah dilakukan tersebut, pedagang bisa lebih tertib, tidak menyebabkan kemacetan arus lalulintas, karena menggelar dagangan di pinggir jalan atau yang sering disebut Pasar Tumpah.

“Dengan adanya Pasar Bumi Agung yang baru ini, pedagang bisa lebih tertib, nyaman dalam berdagang, begitu juga masyarakat nyaman bila ingin berbelanja,” harapnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya