oleh

Hati-hati! Cuaca Ekstrem, 3 Daerah Ini Rawan Longsor

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Di tengah kondisi cuaca yang cukup ekstrem, dengan curah hujan yang tinggi terjadi belakangan ini, membuat batuan cadas maupun tanah, yang berada di areal perbukitan rawan longsor.

Mengantasipasi hal tidak diinginkan terjadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pagar Alam mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di areal rawan longsor agar senantiasa waspada.

“Bagi masyarakat yang bermukim di daerah rawan longsor, diminta untuk berhati-hati, tertuama ketika ditemukan ada ciri-ciri rembesan air yang keluar dari tanah berada di tebingan, agar segera melapor dan segera untuk berpindah tempat ke daerah lebih aman,” kata Plt Kepala BPBD Pagar Alam, Herdensi, Kamis (28/10/2021).

Ciri-ciri dari longsor itu sendiri, sebut Herdensi, dimulai dari adanya rembesan air yang berwarna keruh, bila mendapati ciri-ciri tersebut, khusus masyarakat yang bermukim di daerah, berada di daerah yang memiliki tingkat kecuraman lebih dari 45°, kiranya untuk dapat menghubungi petugas BPBD Kota Pagar Alam.

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada terpantau kejadian longsor. Mudah-mudahan meski curah hujan tinggi, tidak terjadi musibah tanah longsor,” jelasnya.

Sedangkan untuk titik-titik lokasi atau daerah, yang rawan longsor di wilayah Pagar Alam, jawab Herdensi, yakni mulai dari seputaran Endikat, Kelurahan Atung Bungsu, yang beberapa bulan lalu sempat ada tanah longsor menutupi badan jalan, Kemudian di daerah seputaran Lematang, serta untuk di kawasan Gunung, ada di daerah Antan Delapan KelurahabDempo Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara.

“Kita selalu mengimbau kepada maayarakat, untuk senantiasa mewaspadai bencana longsor di tengah kondisi cuaca tak bersahabat,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya