Gunakan Cara Ini, Bayar Tol Tidak Repot Buka Tutup Kaca Mobil

Teknologi1128 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID – Pemerintah tengah melakukan uji coba sistem pembayaran tol tanpa henti atau teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) di Tol Bali-Mandara saat ini.

 

Setidaknya ada tiga skema dalam penerapan MLFF yang menjadi pilihan. Sehingga pengguna tol tidak harus antri dan buka tutup kaca mobil di pintu tol.

 

Vice President ITS Indonesia, Resdiansyah mengatakan, untuk uji coba pertama menggunakan sistem berbasis Global Navigation Satelit System (GNSS) yakni menggunakan telpon genggam melalui aplikasi. Namun, ke depan bisa jadi penerapan MLFF tanpa perlu menggunakan telepon genggam.

 

“Ada tiga opsi, bisa pakai OBU (on board unit), bisa pakai GNSS, bisa pakai single tiket. Kenapa kita kasih 3 alternatif. Indonesia adalah pengguna IT, ada yang sudah mampu gunakan gadget ada yang belum. Kendaraan komersial itu kan sopirnya ganti-ganti,” katanya, Selasa (15/12/2023).

 

Menurutnya, untuk penggunaan kendaraan komersial seperti truk lebih baik memakai OBU fisik yang dibeli perusahaan. Sehingga otomatis siapa pun drivernya bukan menjadi halangan dalam penggunaan sistem MLFF ini.

 

“Bagi orang yang jarang menggunakan tol bisa pakai single ticket, jadi variasinya itu. Nanti pelan-pelan ke depan kita lihat mana yang paling cocok. Dengan alternatif ini akan memudahkan kita untuk mengimplementasi ini,” terangnya.

 

Pemilihan terkait penggunaan unit bakal dikembalikan kepada konsumen. Jika bersedia menggunakan OBU bakal perlu merogoh kocek lagi untuk membeli unitnya.

 

“Kalau di Indonesia orang gak mau bayar lagi. Makanya kalau download aplikasi gratis kenapa harus bayar OBU. Tapi bagi komersial, kalau saya pribadi, yang menengah ke atas, saya lebih pilih OBU, jujur, daripada HP, karena HP saya gunakan untuk kerja untuk apa. Saya akan pilih OBU,” ujarnya.

    Komentar