oleh

Gubernur: Pertanian Harus Jadi Komitmen Perhatian Kepala Daerah

SUARAPUBLIK.ID, MUARA ENIM – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, membuka langsung Pekan Daerah (Peda) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA)  XIV yang di Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim, Senin (15/11/2021). Kegiatan ini diikuti seluruh KTNA Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.

Selain membuka PEDA, Herman Deru juga melantik pengurus KTNA Sumatera Selatan periode 2021-2026, yang dihadiri Ketua Umum KTNA serta Bupati dan Walikota di lingkungan Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Ketua KTNA Sumsel M. Basyir sekaligus ketua pelaksana mengatakan, sedikitnya ada 1335 orang yang teridiri dari peserta,pendamping serta penyuluh dari KTNA Kabupaten Kota yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Pada perhelatan ini juga, KTNA Sumsel akan memberikan penghargaan Abdi Bhakti Petani dan Nelayan kepada beberapa Bupati yang dianggap peduli terhadap pertanian termasuk Bupati Muara Enim Nasrun Umar,” paparnya.

Ke depan, kata dia, sebagai penghargaan kepada Gubernur Sumatera Selatan maka PEDA ke-XV akan dilaksanakan di OKU Timur, di mana Kabupaten yang dua periode dipimpin Herman Deru ini, termasuk kawasan lumbung pangan di Sumsel.

“Serta KTNA Nasional juga akan mengusulkan untuk memberikan penghargaan KTNA tertinggi yakni Mahautama kepada Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru,” jelasnya.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan, bahwa bidang pertanian di Sumsel hendaknya tetap menjadi perhatian, tidak hanya KTNA namun juga dari Bupati dan Walikota di Sumsel demi terwujudnya Sumsel sebagai lumbung pangan nasional.

Ia menegaskan, dengan diberikanya penghargaan oleh KTNA kepada Bupati yang dinilai peduli terhadap pertanian,hendaknya ini menjadi komitmen bersama dalam memperhatikan bidang pertanian.

“Karena terbukti di masa pandemi COVID-19 hanya bidang pertanianlah yang masih survive di sumsel meskipun di bebrapa daerah di topang dari sektor pertambangan,” terangnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya