Gelar RUPST Tahun Buku 2022, Laba Bersih SMBR Melesat 103 Persen

Ekonomi201 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, JAKARTA – PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 di Hotel Sari Pacific, Jakarta pada Senin (8/5/2023). Rapat dipimpin langsung oleh Komisaris Utama SMBR, Franciscus M.A Sibarani.

Pada RUPST tersebut, SMBR berhasil mencatatkan kinerja positif pada tahun buku 2022.

Dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp 94,83 Miliar atau tumbuh 103 persen dibandingkan periode tahun 2021 sebesar Rp 46,7 Miliar. SMBR juga menyetujui pembagian dividen payout ratio sebesar 20 persen, dengan nilai total dividen tunai sebesar 18,96 Miliar dan sisanya sebesar 80 persen, atau Rp 75,86 Miliar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Direktur Utama SMBR, Daconi Khotob menyampaikan tahun 2022, SMBR mampu mencatatkan pertumbuhan volume penjualan sebesar 4persen menjadi 2,01 juta ton. Meskipun permintaan semen secara nasional, terutama di wilayah Sumbagsel yang merupakan pasar utama SMBR, mengalami koreksi.

Tak hanya itu SMBR juga berhasil mencatatkan pendapatan sepanjang tahun 2022 sebesar 1,88 Triliun atau tumbuh 7 persen, dibandingkan periode tahun lalu. Dari sisi EBITDA tercatat mencapai Rp 437 Miliar atau tumbuh 5% dibandingkan dengan tahun 2021.

“Catatan kinerja positif ini tidak terlepas dari kesuksesan inisiatif strategis Perseroan pada 2022 yang berfokus pada tiga inisiatif yaitu Cost Leadership Through SMBRGO45 Program, Strengthen Market Positioning dan Competency Improvement of Employee.

“Hal tersebut merupakan program unggulan perseroan dalam rangka mengefisiensikan biaya diberbagai bidang dan pelaksanaan praktek terbaik dalam operasi sehingga mampu mencapai kinerja positif,” ujar Daconi Khotob.

Perubahan susunan pengurus perseroan Dalam RUPST, juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan.

Perseroan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi pengurus perseroan yang diganti dalam menjaga kinerja keuangan dan operasional SMBR.

Rapat memberhentikan dengan hormat Tubagus Muhammad Dharury sebagai Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM). Selanjutnya, Rapat mengangkat Direksi Perseroan, yaitu Rahmat Hidayat sebagai Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM).

Seiring dengan disetujuinya perubahan tersebut maka susunan pengurus perseroan, menjadi : Jajaran Dewan Komisaris , Jajaran Direksi Perseroan

Keputusan rapat lainnya, Selain menyetujui pembagian dividen dan perubahan pengurus perseroan, RUPST juga menyetujui Laporan Tahun Direksi Tahun Buku 2022 termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris dan mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk Tahun Buku 2022 serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2022.

Pengesahan Laporan Tahunan termasuk Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil Tahun Buku 2022, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas pengurusan dan pengawasan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2022, Penetapan Tantiem untuk Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan Tahun Buku 2022 dan Penghasilan Direksi dan Dewan Komisaris untuk Tahun Buku 2023.

Penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasi Perseroan Tahun Buku 2023 dan Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil Tahun Buku 2023.

SMBR terus mendorong praktik bisnis yang memperhatikan aspek keberlanjutan (Environment, Social and Governance/ESG) secara konsisten sesuai dengan Visi perseroan menjadi Green Cement Based Building Material Company Terdepan di Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan Sustainability Strategy yang telah ditetapkan oleh Holding SIG sebagai wujud komitmen terhadap keberlanjutan. Dalam Aspek Lingkungan (Enviroment) tercatat selama 2022, sebagai bentuk Dukungan dalam program dekarbonasi, SMBR mendorong peningkatan penggunaan Alternative Fuel & Raw Material (AFR) pada kegiatan produksi.

SMBR berhasil menurunkan intensitas Emisi Karbon (Cakupan 1) turun menjadi 0,587 Ton CO2/ton cement equivalent, atau turun sebesar 0,624 Ton CO2/ton cement equivalent sebagai bentuk dukungan dalam program dekarbonasi. Penurunan Faktor Terak (Klinker) menjadi 69,4% dari tahun 2021 sebesar 72,9% dan Peningkatan Thermal Subsitituon Rate mencapai 2,62% diatas target 2022 yang sebesar 1%.

Sementara itu dari Aspek Sosial (Social), SMBR terus membangun kepedulian terhadap isu – isu sosial melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SMBR. Secara lebih luas, pelaksanaan TJSL tidak hanya bermanfaat untuk menumbuhkan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat serta mengurangi kesenjangan sosial, tetap juga bermanfaat bagi penguatan daya dukung lingkungan. Pada tahun 2022, SMBR telah menyalurkan dana pada pilar sosial, ekonomi, lingkungan serta hukum dan tata kelola mencapai nilai total Rp 2,64 Miliar diatas tahun 2021 sebesar Rp 1,75 Miliar.

Dari sisi Aspek Tata Kelola (Govenance), komtimen SMBR dalam menerapkan aspek tata kelola perusahaan yang baik SMBR berhasil mendapatkan skor Asesmen GCG mencapai 94,02 dengan predikat Sangat Baik diatas skor tahun 2021 sebesar 93,846 dan Risk Maturity index mencapai skor 4,22 dengan predikat Matang atau Transformed naik signifikan dari skor tahun 2021 sebesar 3,46. Pencapaian ini mempertegas komiten SMBR menjadikan tata kelola sebagai landasan bisnis
berkelanjutan.

NO JABATAN NAMA
1 Komisaris Utama: Franciscus M.A Sibarani
2 Komisaris : Hadi Daryanto
3 Komisaris Independen : Chowadja Sanova
NO JABATAN NAMA
1 Direktur Utama : Daconi Khotob
2 Direktur (Fungsi Operasi) : Suherman Yahya
3 Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM) : Rahmat Hidayat.(ril)

    Komentar