oleh

Dua Daerah di Sumsel Masuk Zona Hijau COVID-19

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Pandemi COVID-19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus mengalami penurunan sejak awal November 2021. Kasus terkonfirmasi COVID-19 terus berkurang.

Turunnya kasus penambahan harian ini berdampak besar pada status zona penyebaran COVID-19 di Sumsel. Zona hijau sebaran COVID-19 di Sumsel kembali bertambah. Kota Lubuk Linggau menyusul Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang sudah lebih dahulu berada di zona hijau.

Zona hijau di Lubuk Linggau diketahui sudah sejak 10 November 2021. Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nurainy, menjelaskan, jika ini hal positif yang baru karena ada penambahan zona hijau berdasarkan data pembaruan COVIS-19.

“Alhamdulillah (zona hijau) bertambah satu di kota Lubuk Linggau,” kata Lesty, saat dihubungi, Jum’at (12/11/2021).

Ia mengatakan, untuk 15 Kabupaten dan kota lain masih tercatat sebagai zona kuning atau kategori sedang. Artinya, perlu upaya masif lagi dari pemerintah daerah dan stakeholder terkait untuk lebih aktif dalam melakukan 3T, tracing, testing dan treatment.

“Yang paling penting adalah menjaganya, agar tidak ada penambahan kasus baru. Artinya, masyarakat di daerah ini juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Lesty menuturkan, untuk kasus COVID-19 di Sumsel saat ini sudah semakin menurun. “Penambahan kasus baru saat ini hanya ada 3 orang. Sementara yang masih menjalani perawatan ada 40 orang,” ucapnya.

Kasus COVID-19 di Sumsel secara keseluruhan mencapai 59.894, angka kesembuhan tercatat 56.778. Untuk angka kematian di Sumsel tercatat 3.076 kasus. “Yang perlu kita syukuri, saat ini BOR (bed occupancy ratio) di Sumsel tercatat 3 persen,” tambah Lesty.

Sementara untuk angka capaian vaksinasi di Sumsel sudah mencapai 45,38 persen untuk vaksin dosis I dan 26,53 persen untuk vaksin dosis II.

“Kita masih mengupayakan agar vaksinasi COVID-19 di Sumsel bisa cepat dikejar sehingga herd immunity semakin cepat terbentuk. Dan ini kerjasama dengan stakeholder terkait juga sinergitas dengan semua perusahaan baik BUMN, BUMD ataupun perusahaan yang ada di Sumsel,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya