oleh

Ditunjuk Jadi Ketua FPK, Saim Punya Tugas Berat Satukan Masyarakat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Walikota Palembang, Harnojoyo, menunjuk pengurus baru Forum Pembauran kebangsaan (FPK) untuk periode 2021-2024, Selasa (23/11/2021).

FPK adalah organisasi yang berfungsi sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

Dipercayakan untuk memimpin forum yang mengurus masalah persatuan ras, agama, suku dan wilayah masyarakat ini adalah mantan ketua Badan Zakat Nasional (Baznas) Palembang, Said Marhadan.

“Kita lantik bersama pengurus FPK Sumsel. Kita harapkan dari pengurus yang baru ini kerjasama, koordinasi dan komunikasinya kepada pemerintah kota Palembang supaya lancar,” ujar Harnojoyo.

Sementara itu, Said mengatakan bahwa dirinya tengah mempersiapkan diri. Sebab FPK memiliki tugas yang tidak bisa dibilang mudah, yaitu menyatukan seluruh masyarakat Palembang yang beragam suku dan budayanya.

“Nah inilah yang perlu nanti kita kondisikan dengan artian bahwa bagaimana FPK ini bisa menciptakan kondisi-kondisi yang terbaik kedepanya untuk warga,” terangnya.

Bermisikan “Palembang zero conflict dan harmonis”, Said menjelaskan, bahwa FPK Palembang berencana merangkul seluruh RT dan RW di Palembang untuk bekerjasama melawan ekstremisme, rasisme, dan sukuisme yang mengancam persatuan bangsa.

Dari pihak FPK Sumatera Selatan menyampaikan bahwa akan diadakan berbagai macam kerjasama untuk memastikan kelangsungan kedamaian bukan hanya Palembang, tapi juga Indonesia secara luas.

“Kita dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam menjaga kedamaian agar tercipta lingkungan yang harmonis di Palembang ini,” tambah pengurus FPK Sumsel, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya