oleh

Curah Hujan Tinggi, Harga Tomat Turun Drastis

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Berbeda dengan harga daging ayam serta sayuran lainnya yang cendrung naik, saat ini harga tomat di pasar tradisional Pagar Alam relatif stabil. Bahkan cenderung alami penurunan.

“Kalau untuk harga daging ayam, bisa dibilang naik turun, sebelumnya dari harga Rp35 ribu turun jadi Rp32 ribu, sekarang ini masih bertengger di harga Rp35 ribu per kilogram. Untuk harga kebutuhan lainnya masih terpantau stabil,” ujar Kasi Bina Pasar dan UKM Disperindagkop Pagar Alam, Endang Diyah, Selasa (28/9/2021).

Endang menyebut, untuk harga cabai merah stoknya cukup melimpah, tidak hanya dari lokal, melainkan pula dari daerah luar, dengan harga jual Rp18 ribu – Rp20 ribu per kilogram, begitu pula untuk harga bawang merah brebes dihargai Rp36 ribu per kilogram, sedangkan untuk harga tomat sebelumnya Rp14 ribu per kilogram, kini dihargai Rp6 – Rp8 ribu per kilogram.

“Faktor turunnya harga tomat di pasaran, kemungkinan karena curah hujan yang tinggi, terjadi belakangan ini di Kota Pagar Alam. Untuk mengantisipasi hal ini, kita rutin melakukan monitoring pasar, bersama dengan dinas terkait,” terangnya.

Sementara Bambang, salah satu agen di kawasa Pasar Tradisional Kota Pagar Alam, tak menampik bahwa penurunan harga tomat ini dipengaruhi cuaca, yang tidak hanya berdampak melimpahnya hasil panen,namun juga awetnya barang tersebut.

“Ini sudah biasa, bahkan sudah seringkali terjadi di pasaran Kota Pagar Alam,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya