oleh

Bermodal Tangga, Tukang AC Gasak Mesin Outdoor di Cafe

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Bermodalkan tangga alumunium dari rumah, Hendri Masanenti (36), warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur (IT) III Palembang, nekat mencuri mesin outdoor AC.

Peristiwa pencurian ini terjadi di salah satu Cafe di Jalan R Sokamto, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan IT III Palembang, Jum’at (17/9/2021) sekitar pukul 05.00 WIB.

Kapolsek IT II Palembang, Kompol Yuliansyah, didampingi Kanit Reskrim Iptu Firmansyah mengatakan, bahwa pelaku yang berprofesi sebagai tukang servis AC ini sudah mengintai Cafe di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sebelum melakukan aksi kejahatannya.

Melihat suasana mendukung, pelaku yang sudah menyiapkan tangga, tang dan kunci inggris langsung melakukan aksi pencuriannya.

“Dari keterangan pelaku, ia naik ke atas menggunakan tangga alumunium. Setelah itu memotong kabel dan pipa AC dengan menggunakan tang,” ujarnya, Kamis (30/9/2021).

Pelaku kemudian melepaskan baut yang terpasang dengan menggunakan kunci inggris dan menurunkan mesin outdoor AC, kemudian langsung meninggalkan TKP dengan membawa barang curian tersebut.

“Atas kejadian itu, korban Sulaiman (50), warga Jalan Segaran, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan IT III Palembang membuat laporan di Polsek kita. Mendapatkan laporan tersebut, kita langsung melakukan penyidikan dan penyelidikan,” katanya.

Berkat rekaman CCTV di TKP, anggotanya pun dengan mudah mengenali pelaku, hingga akhirnya diamankan di tempat persembunyiannya tanpa perlawanan. Pelaku pun Hendri mengakui perbuatannya.

“Saya terlebih dahulu melihat kondisi TKP. Setelah dirasa aman, saya langsung melakukan aksi. Untuk hasil curian berupa mesin outdoor AC saya jual ke Pasar Cinde seharga Rp100 ribu. Hasilnya saya gunakan untuk makan,” tuturnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya