oleh

Berkat Jemput Bola, Disdukcapil Cetak Ratusan Adminduk

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Layanan jemput bola mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pagar Alam, disambut antusias masyarakat.

Dengan program jemput bola Disdukcapil, penduduk Pagar Alam kini semakin dipermudah dalam mengurus pembuatan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, serta Kartu Identitas Anak (KIA) yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan.

Dikatakan Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pagar Alam, Surono, bahwa sekarang jemput bola langsung dilakukan di Kantor Lurah untuk mempermudah jangkauan masyarakat.

“Jika tahap I kita laksanakan di Kantor Camat, maka kali ini kita laksanakan di Kelurahan. Di mana untuk setiap kecamatan, kita tempatkan satu kelurahan untuk melayani masyarakat,” jelas Surono, Selasa (9/11/2021).

Surono merincikan, sampai sejauh ini, berdasarkan data yang direkapitulasi Disdukcapil sudah ratusan Akte Kelahiran, Akte Kematian dan KIA, yang diterbitkan dari layanan jemput bola tersebut.

Rincianya, kata dia, untuk Kecamatan Dempo Tengah sebanyak 12 KK yang diterbitkan, 26 KIA, 18 Akte Kelahiran dan 3 Akte kematian. Kemudian untuk Kecamatan Dempo Utara sebanyak 11 KK, 42 KIA, 8 Akte Kelahiran dan 3 Akte Kematian. Sementara terbanyak di Kecamatan Dempo Selatan yakni 54 KK, 129 KIA, 32 Akte Kelahiran dan 9 akte kematian.

Dikecamatan Pagar Alam Utara, sebanyak 2 KK yang diterbitkan, 33 KIA, 2 Akte Kelahiran, dan 0 Akte Kematian, Sementara Kecamatan Pagar Alam Selatan 11 KK, 41 KIA, 16 Akte Kelahiran,dan 7 akte Kematian.

“Sehingga total sudah sebanyak 90 KK, 271 KIA, 76 Akte Kelahiran dan 22 Akte kematian yang sudah diterbitkan baik yang diterbitkan di tempat layanan jemput bola maupun yang diterbitkan di Disdukcapil,” jelas Surono.

Sebelumnya, Plt Kepala Disdukcapil Pagar Alam, Fakhrozi Nurhafi, mengatakan bahwa layanan jemput bola ini merupakan peningkatan layanan publik dalam bidang kependudukan.

Dan berharap, dengan pelayanan seperti ini akan menambah kesadaran masyarakat Kota Pagar Alam khususnya, bahwa adminduk itu sangat penting.

“Karena jika hasilnya maksimal maka bukan tidak mungkin pelayanan jemput bola akan rutin kita laksanakan,” terangnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya