oleh

Bangkitkan Ekonomi Nasional, Menparkraf Terapkan Program Kabupaten Kota Kreatif

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah mengeluarkan program-program andalan, sebagai upaya untuk membangkitkan Ekonomi, khususnya pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di antaranya, program Kabupaten dan Kota kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, membuka secara langsung program Kabupaten dan Kota kreatif di Palembang, Kamis (30/9/2021).

Menurut Sandiaga Uno, program Kabupaten Kota kreatif untuk membangkitkan kembali UMKM di sektor kreatif dan tentunya, menghidupkan kembali setelah 1,5 tahun omset turun.

“Pelaku UMKM memang menjadi salah satu pihak yang sangat merasakan dampak pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun belakangan. Sekarang kita bangun jaringan pemasaran, permodalannya dan sebagainya,” kata Sandiaga.

Lanjut dia, saat ini pihaknya sudah memberikan bantuan insentif kepada sasaran pelaku UMKM. Pihaknya pun memberikan panduan CHSE, yang diintegrasikan dengan peduli lindungi.

Selain itu, pihaknya juga mensosialisasikan pelaku ekonomi kreatif, khususnya di bidang musik, konser dan penyelenggara event, agar berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan, menyelenggarakan event-event, termasuk konser, perkawinan dan lainnya.

“Kita juga sudah bantu secara langsung program tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. Kita juga beri pendampingan, pelatihan, ada juga mentor-mentor hebat, yang bagikan kiat sukses agar pelaku bisa naik kelas, berdaya saing dan memiliki kelas dunia,” jelasnya.

Kata Menteri, para pelaku UMKM ini merupakan pahlawan pencipta lapangan kerja. Karena itu, pemerintah hadir dengan meningkatkan kualitas dari pengetahuan mereka tentang pengelolaan pembiayaan atau manajemen melalui PNM dan juga pemasarannya.

“Kita harapkan ini menjadi sinyal kebangkitan UMKM dan khususnya sektor ekonomi kreatif, kuliner, kriya dan fashion, sehingga bukan hanya pempek yang dikenal dari Palembang, tapi juga banyak sekali produk-produk tadi yang jadi unggulan agar pariwisata dan ekonomi kreatif di Palembang segera bangkit dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya