oleh

Bahaya Penyakit Rabies Anjing dan Cara Penularan Terhadap Manusia

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Hewan peliharaan perlu dirawat dengan baik supaya terbebas dari penyakit. Salah satunya yaitu rabies, penyakit dari Anjing. Oleh karena itu, Sekertaris Provinsi Sumsel SA Supriono mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa peduli kepada hewan peliharaan.

“Hal ini perlu jadi perhatian kita, karena ada penyakit yang tersembunyi dari hewan-hewan peliharaan, yang bisa saja membahayakan lingkungan sekitar,” kata Supriono, saat menghadiri acara peringatan Puncak Hari Rabies se-Dunia Tahun 2021 (World Rabies Day), Selasa (28/9/2021).

Menurut Supriono, Penyakit rabies adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh gigitan, cakaran, atau air liur binatang yang terinfeksi virus rabies.

Oleh karena itu, Supriono berharap dalam peringatan Puncak Hari Rabies se-Dunia Tahun 2021, akan dilakukan koordinasi dengan Pemkab/Pemkot berbagai upaya pencegahan penyebaran rabies bukan hanya bagi hewan pelihara, tetapi juga hewan liar.

“Diharapkan hari rabies ini dapat menurunkan tingkat penyebaran rabies di Prov sumsel secara signiflkan. Hari rabies ini dapat menjadi tolak ukur untuk penanggulangan rabies di Sumsel,” katanya.

Menurutnya, diperlukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya dan cara menanggulangi rabies. “Selain itu, RS Hewan Prov Sumsel ini juga bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat kedepannya untuk perawatan hewan peliharaan. Bahkan kedepannya harus siap untuk memberikan pelayanan masyarakat ke rumah-rumah,” jelasnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Selatan, Ruzuan Effendi, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini bertujuan menyebarluaskan informasi terakhir Rabies di Sumsel. Selain itu, dalam peringatan hari rabies ini juga telah dilakukan kegiatan bakti sosial sejak 15 September, antara lain vaksinasi dan sterilisasi hewan. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya