Asyik, 19 Agustus Ada Lomba Bidar dan Parade Perahu Hias di BKB

Kota Palembang129 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali menggelar lomba bidar dan parade perahu hias di Kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) pada 19 Agustus mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa mengatakan, lomba bidar dan parade perahu hias merupakan even tahunan Pemkot setiap bulan Agustus.

“Dengan adanya event tersebut diharapkan dapat menarik wisatawan ke kota kita,” kata Dewa, Selasa (8/8/2023).

Selain jadi even HUT RI setiap Agustus, perlombaan perahu bidar atau biduk lancar merupakan kegiatan yang digelar Pemkot Palembang untuk mengingat sejarah transportasi air tersebut saat masa Kesultanan Palembang Darussalam.

Baca Juga :  Babinsa Latih Anggota Paskib HUT RI

“Pelaksanaan even ini harus dilaksanakan dengan baik, jangan sampai ada hal-hal secara teknis dan yang tidak diinginkan terjadi. Oleh karena itu seluruh OPD harus support event ini, tidak hanya dari Dinas Pariwisata,” harap Dewa.

Menurut Dewa, sejarah Bidar pada masa lalu digunakan sebagai kendaraan perairan untuk patroli sepanjang aliran Sungai Musi serta daerah aliran sungai (DAS) di Palembang.

Perahu Bidar dahulu disebut juga Perahu Pecalang yang berguna untuk memantau dan menjaga daerah perairan oleh para Tentara.

Baca Juga :  Pelanggaran Lalu Lintas Didominasi Roda Dua, Paling Banyak tidak Pakai Helm SNI

“Karena nilai sejarahnya luar biasa, kami berusaha promosi Palembang agar dikunjungi tamu dan wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk memeriahkan acara tersebut,” jelas Dewa.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Sulaiman Amin menambahkan, lomba Perahu Bidar harus dilestarikan.

Salah satu agar kegiatan tersebut tetap ada adalah dengan memasukkan even perahu biduk lancar dalam Top 10 Calendar Of Charming Event.

“Tahun ini Alhamdulillah kami kembali menggelar Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Hias yang akan berlangsung tanggal 19 Agustus nanti,”  terang Sulaiman. (ANA)

    Baca Juga :  Warga Alexandria Tolak Keputusan Mendagri! Harapkan Dukungan Pemkot Palembang

    Komentar