oleh

Antisipasi Kecelakaan Kerja, BPJS Gandeng RSUD Siti Fatimah

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Sebagai Rumah Sakit rujukan Provinsi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Az-Zahra memiliki tiga layanan unggulan, terdiri dari pelayanan Kordiovaskuler, MCU, serta Pelayanan Othopedi dan Traumatologi. Layanan ini bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kerjasama ini dilakukan dalam bentuk memberikan tindakan untuk pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. Agar bisa diberikan perawatan serta pemulihan agar bisa kembali bekerja (return to work). Kerjasama return to work ini langsung diresmikan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Deru mengatakan, program pelayanan yang diberikan RSUD tersebut sebagai upaya untuk membantu tenaga kerja untuk kembali bekerja.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi kerjasama yang memberikan kepercayaan diri lebih kepada tenaga kerja yang di lapangan,” kata Deru, usai launching program return to work (RTW) di RSUD Siti Fatimah, Rabu (17/11/2021).

Maka dari itu, Herman Deru menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumatra Selatan melalui Organisasi Masyarakat (Ormas) Besar maupun Kecil untuk mendaftarakan Anggotanya untuk BPJS Tenaga Kerjaan.

“Saya mengimbau kepada Seluruh Ormas UNTUK mendaftarkan Anggotanya untuk mendaftar BPJS ketenagakerjaan,” kata Deru.

Untuk diketahui, program return to work ini merupakan bentuk pendampingan peserta yang mengalami kecelakaan kerja, sehingga mengakibatkan cacat atau berpotensi cacat dari mulai terjadinya kecelakaan kerja akan dilakukan pendampingan sampai mampu kembali bekerja.

Sementara itu, Syamsuddin Isaac Suryamanggala, Direktur RSUD Siti Fatimah mengatakan, program tersebut memang sudah lama di rencanakan untuk membantu masyarakat.

“Jadi memang sudah di rencanakan dengan beberapa kali pertemuan kita lihat juga kondisi dengan banyaknya kecelakaan kerja ini masih binggung mau ngerujuk ke rumah sakit mana,” jelasnya.

Untuk itu, dengan penandatanganan kerjasama bersama  BPJS Ketenagakerjaan ini, bisa secara penuh membantu masyarakat.

“Dengan ditandanganinya kerjasama ini artinya sudah bisa secara penuh, tidak hanya melayani BPJS Kesehatan saja, tapi juga tenaga kerja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syamsuddin mengatakan, pihaknya meliliki komitmen untuk mengembangkan pelayanan agar selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Bentuk komitmen tersebut akan di wujudkan salah satunya dengan mengerakan Pengembangan layanan Orthopedi dan Traumatologi,” kata Deru. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya