oleh

2022, Sekanak Kembali Direvitalisasi

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Revitalisasi Pasar Sekanak Palembang dimulai awal tahun 2022. Nantinya, Pasar Sekanak akan kembali menjadi pusat wisata dan kuliner, sejalan dengan restorasi sungai yang menunjang majunya wisata di Palembang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Walikota Palembang, Harnojoyo usai paparan rencana pembangunan Pasar Sekanak bersama dinas terkait di Rumah Dinas Walikota, Jalan Tasik Palembang, Rabu 14 Oktober 2021.

“Sebenarnya DED nya sudah diselesaikan 2019, tinggal kita membangun. InsyaAllah dalam waktu dekat dikoordinasikan terkait sumber dana baik Provinsi maupun Kementerian Perdagangan,” kata Harnojoyo.

Walikota Palembang dua periode itu juga menyampaikan, bahwa konsep-konsep yang telah disampaikan terkait revitalisasi tersebut diharapkan juga dapat melengkapi Sekanak Lambidaro sebagai Destinasi Pariwisata.

“Ini memang harus kita lakukan, karena saat ini lokasi tersebut sudah terlihat kurang baik dan akan akan kita perbarui,” ujarnya.

“Kalau pasar sekanak ini kita revitalisasi, InsyaAllah apa yang menjadi keinginan kita untuk menjadikan sepanjang Sekanak Lambidaro sebagai Destinasi Wisata akan lebih diminati lagi oleh masyarakat,” tambahnya.

Masih dikatakan Harnojoyo, bahwa pihaknya juga akan lakukan penyesuaian terkait desain yang telah dipaparkan, khsusnya kepada dinas terkait yang memiliki tanggung jawab akan keberadaan pasar.

“Itu nanti akan dibangun baru. Konsepnya sudah ada dan desainnya juga bagus,” tungkasnya.

Sementra iti kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Raimon Lauri mengatakan, selain orang Indonesia, diharapkan dengan lengkapnya wisata di Palembang akan menambah pengunjung dan meningkatkan pendapatan negara.

“Di pasar kuliner dan wisata ini, nantinya sesuai dengan khas Palembang, ada aksesoris tidak hanya makanan kuliner saja,” katanya.

Dipilihnya Pasar Sekanak ini untuk direvitalisasi jadi pasar pusat wisata dan kuliner, karena selain lokasi, juga kondisi pasar tersebut sudah jauh menurun jumlah pedagang dan pembelinya.

“Jumlah penjual di pasar ini sudah jauh menurun, karena pembeli yang banyak beralih ke Pasar 26, Soak Bato ataupun Pasar Bukit Kecil. Pasar ini juga aset milik daerah yang diserahterimakan.

Ia mengatakan, pihaknya membuat design yang sangat menarik dan disampaikan kepada Kementerian Perdagangan. “Hampir rampung setidaknya tahun depan mulai fisik,” katanya.

Untuk pendanaan, revitalisasi pasar ini akan diajukan ke pusat, sehingga dapat dibiayai dari APBN, ataupun pihak ketiga.

“Kita konsep atau design dulu, setelah itu ajukan pendanaan ke pusat, dan juga kita tawarkan ke pihak ketiga (swasta),” katanya.

Direktur Perumda Pasar Palembang Jaya, Abdul Rizal mengatakan, konsep selesai dan mendapat pendanaan pusat, maka pengerjaan fisik dari revitalisasi ini bisa dilakukan pada 2022.

“Fisik sudah bisa jalan di 2022, walau untuk mendukung restorasi Sekanak – Lambidaro, tapi pengerjaan fisik dari revitalisasi dan restorasi dijalankan terpisah,” katanya.

Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, jika DED dari revitalisasi pasar Sekanak ini sudah disusun sejak 2019 dan Sumber dana dari Kemenperdagangan.

“Konsep yang kita sampaikan akan melengkapi Sekanak- Lambidaro akan lebih bagus lagi. Sebab menunjang destinasi sungai melalui restorasi Sungai Sekanak- Lambidaro,” katanya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya