oleh

BPBD Ingatkan Masyarakat Soal Sengatan Listrik Saat Hujan

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengingatkan agar masyarakat, selalu memeriksa instalasi listrik. Mengingat saat ini Sumsel terus diguyur hujan.

“Kita minta supaya masyarakat terus periksa instalasi listrik di rumahnya masing-masing. Mungkin saja saat musim hujan saat ini ada atap rumah yang bocor atau aliran listriknya ada air dan kabel-kabel yang terkelupas, justru ini sangat berbahaya,” ujar Kabid Penanganan dan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori, Sabtu (2/10/2021).

Dikatakan Ansori, Intensitas hujan yang mulai terjadi di wilayah Sumsel saat ini sangat berpotensi sekali akan terjadinya korban jiwa akibat sengatan listrik. Akibat instalasi yang kurang terjaga dan membahayakan.

“Selain bahaya banjir, ancaman sengatan listrik saat musim hujan, juga perlu diwaspadai oleh masyarakat,” katanya.

Dirinya juga meminta agar masyarakat mewaspadai aliran kabel listrik di sepanjang jalan, terutama jalan yang tergenang banjir.

“Pohon tumbang akibat dari angin kencang yang menimpa kabel listrik sangat berbahaya sekali saat musim hujan. Makanya hindari juga aliran listrik saat angin kencang,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sumsel, Sabtu (2/10/2021) akan terjadi hujan yang berpotensi sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten/kota Sumsel.

Seperti di Kabupaten Banyuasin, Muara Sugihan, Makarti Jaya dan sekitarnya. Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten OKI Tulung Selapan, Cengal dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 15.00 WIB. (Nat)

Komentar

Berita Hangat Lainya