oleh

Salurkan Bansos Tepat Sasaran, DTKS-Data Disdukcapil Disinkronisasi

SUARAPUBLIK.ID, PAGARALAM – Dinas Sosial (Dinsos) Pagar Alam terus berupaya melakukan perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Seperti halnya dilakukan di Kantor Disdukcapil Pagar Alam, petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) mensinkronkan DTKS dengan data yang ada.

“Kita bersama tim TKSK, tengah memperbaiki data-data DTKS, dengan mensinkronkan yang ada di aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation). Data ini akan disinkronkan dengan yang ada di Disdukcapil,” ungkap Kabid Resos Dinas Sosial Pagar Alam, Yodhi Hendri, Selasa (6/7/2021).

Sinkronisasi data ini, kata Yodhi, bertujuan untuk mendapatkan data-data By Name By Address (BNBA), yang lengkap sesuai dengan yang ada di Disdukcapil.

“Kita telah memulai giat ini. Targetnya, pada bulan ini kita bisa mendapatkan DTKS yang sinkron dari SIKS-NG dengan data yang ada di Disdukcapil,” bebernya.

Sehingga, dari data yang didapatkan ini, sambung Yodhi, pihaknya dapat melakukan verivali ke lapangan, data-data mana yang layak dan tidak menerima bantuan sosial (Bansos).

“Terpenting, kita bisa mencocokan data-data kita dengan Disdukcapil, baru kedepan akan dilakukan verivali,” imbuhnya.

Dari kegiatan dilakukan ini, sambung Yodhi, pihaknya berharap dari giat perbaikan data, yang dilanjutkan dengan verivali, bisa mendapatkan data-data masyarakat miskin di Kota Pagaralam, yang terdapat di data DTKS, untuk penerimaan bantuan sosial bisa tepat sasaran.

“Sehingga antara data dari pusat dan data dari kita bisa singkronisasi, yang kemudian bisa mendapatkan data sesuai BNBA,” ungkapnya. (ANA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed