oleh

Rumah Sakit Ernaldi Bahar Suntik Vaksin 60 Pasien ODGJ

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Rumah Sakit Ernaldi Bahar, menggelar vaksinasi masal bagi pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang tengah dirawat. Vaksinasi ini dilakukan terhadap 60 pasien ODGJ.

Direktur Utama RS Ernaldi Bahar, Yumidiansi mengatakan, jika ada sebanyak 74 Pasien ODGJ yang dirawat, namun hanya 60 Pasien yang bisa melakukan Vaksinasi. Sisanya masih belum bisa divaksin karena dalam kondisi positif COVID-19.

“Ada 60 Pasien yang melakukan vaksinasi. Vaksinasi ODGJ ini masuk dalam sasaran vaksin bagi penyandang disabilitas,” kata Yumidiansi, Selasa (13/7/2021).

Sebelum melakukan vaksinasi kepada pasien ODGJ, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan meminta persetujuan keluarga Pasien terlebih dahulu. Hal ini dilakukan guna menjelaskan kepada keluarga pasien apa saja efek samping yang akan di rasakan pasien setelah melakukan vaksin. “Jadi apa yang kami lakukan bisa dipahami pihak keluarga,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, jika untuk pasien ODGJ di RS Ernaldi Bahar, perawatan bukan hanya dilakukan untuk memulihkan mental Pasien. Perawatan juga dilakukan bagi pasien yang terkena COVID-19. “Jadi Pasien selain sembuhkan jiwa, COVID-19 juga diobati,” jelasnya.

Yumidiansi menambahkan, jika RS Ernaldi Bahar menjadi salah satu Rumah Sakit yang telah ditunjuk oleh Gubernur Sumsel sebagai RS rujukan untuk melayani pasien positif COVID-19 umum.

“Kami sudah punya mekanisme ketika pasien datang langsung melakukan screening. Terutama bagi pasien yang bergejala. Jika hasil screening menunjukkan reaktif, maka langsung ditempatkan di ruangan khusus dan dirawat sesuai mekanisme penanganan COVID-19,” terangnya. (ANA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed