oleh

Miliki Banyak Potensi, Objek Wisata Tebat Gheban Butuh Sentuhan Pemerintah

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Meskipun dinilai memiliki banyak potensi sebagai salah satu objek wisata di Pagar Alam, namun keberadaan Tebat Gheban di Desa Alun Dua Kecamatan Pagar Alam Utara, sama sekali belum mendapat sentuhan dari Pemerintah Kota.

Sehingga, meskipun objek wisata ini memiliki banyak potensi mulai dari pemandangan yang indah dengan spot menghadap langsung Gunung Dempo, serta potensi wisata permainan air, pengelolaanya menjadi belum maksimal. Meskipun saat ini atas inisiasi dari Karang Taruna setempat, Tebat Gheban mulai digarap sebagai objek wisata yang layak untuk dikunjungi.

Tokoh masyarakat Tado Basri mengatakan, bahwa wahana yang ada saat ini merupakan hasil buatan karang taruna Desa Alun Dua, dengan alat dan fasilitas seadanya.

“Untuk memajukan Tebat Gheban, Kami sangat mengharapkan bantuan pemerintah, tidak serta merte berbentuk uang, namun bisa berupa fasilitas pendukung seperti bak sampah,toilet dan semacamnya,” ujarnya.

Padahal saat ini, Kata dia, meskipun dengan wahana yang seadanya wisatawan yang datang setiap hari sangat banyak. “Hal ini menunjukan wisata Tebat Gheban cukup diminati wisatawan, apalagi kalau memang ada sentuhan dari pemerintah,” ucapnya.

Menanggapi hal ini, Kabid Industri dan Destinasi Dinas Pariwisata Pagar Alam Anjas mengatakan, Pemkot Pagar Alam bukan tidak memberikan bantuan untuk objek wisata Tebat Gheban namun masih terkendala administrasi.

“Untuk bisa memberikan bantuan dengan dana pemerintah harus ada adminitrasi yang sesuai dengan aturan. Misalnya harus ada pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang mengajukan bantuan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, bantuan akan bisa dikeluarkan jika kawasan Objek wisata tebat Gheban dimasukan dan dibuatkan SK Walikota sebagai Desa Wisata.

“Saat ini Pemkot sedang membuat administrasi tersebut. Jadi jika semuanya sudag selesai dibuat maka bantuan akan kita berikan. Namun semua adminitrasi harus dilengkapi dahulu,” katanya.

Bahkan jika kelompok sadar wisata atau sudah ada SK Desa Wisata, nantinya bukan saja dana bantuan dari Pemkot Pagaralam yang bisa disalurkan. Namun dana kementrian juga bisa diajukan asalkan administrasi sudah lengkap. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya