oleh

Beri Gambaran Jurusan Yang Dipilih SMKN 7 Gelar Tes Minat dan Bakat Bagi Calon Pesert Didik Baru

 

Suarapublik.id-Palembang,

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur reguler telah memasuki babak terakhir setelah melalui rangkaian tes yakni tes wawancara atau tes penelusuran minat dan bakat, Seperti di SMKN 7 Palembang.

Kepala SMKN 7 Palembang, Bambang Riadi mengatakan saat ini SMKN 7 tengah berlangsung tes wawancara bagi calon siswa yang akan diterima.”Ini merupakan tes terakhir dari rangkaian tes reguler PPDB yang telah digelar hari Rabu lalu,”ujarnya, Jumat (25/6/2021).

“Rabu lalu tes tertulis dan hari ini kita gelar tes wawancara kepada siswa secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan diawasi langsung oleh gugus tugas covid-19 setempat,” ujarnya

Ia mengatakan para calon siswa ini mengikuti tes wawancara sesuai dengan jurusan yang mereka pilih.

“Dan tesnya ini langsung dengan minat yang mereka pilih. Misal ambil jurusan teknik bisnis sepeda motor mereka kita ajak langsung mengenal alat, dan kita beri gambaran begini kalau masuk di otomotif,” tegas dia.

Begitu juga dengan jurusan lainnya yakni seperti Desain Komunikasi Visual (DKV) yang paling banyak peminatnya di SMKN 7 Palembang.

“Dalam tes wawancara DKV juga siswa melampirkan hasil gambar karya sendiri yang menjadi salah satu poin penilaian,” bebernya.

Bambang mengatakan sejak awal, para siswa memilih dua jurusan yang diambil.

“Ada pilihan utama dan kedua. Jika tidak masuk di pilihan pertama bisa di pilihan kedua sebagai alternatif tapi pilihan utama dan kedua ini yang serumpun,” ungkap dia.

Kata Bambang dalam tes PPDB kali ini, peminat yang masuk kesini meningkat dibandingkan tahun lalu.

“Tahun ini ada peningkatan dari 300an sekarang mencapai 400 lebih bahkan peminat pun datang dari luar kota Palembang seperti Prabumulih, Muba dan beberapa kabupaten/kota lainnya,” beber dia.

Untuk kuota atau daya tampung, SMKN 7 Palembang hanya menerima 12 rombel dan sebagian sudah ada dari jalur prestasi atau PMPA.

“Pengumuman sendiri akan dilakukan serentak pada tanggal 29 Juni mendatang di web sekolah,” tegasnya.

Salah satu peserta, Febri Pratama dari MTS Almarhama Ngulak Sekayu ini mengaku gugup saat mengikuti tes wawancara ini.

“Gugup juga karena dalam tes ini selain ditanya-tanya mengapa masuk sini juga dikenalkan langsung dengan permasalahan seperti masalah motor, mengenai mesinnya dan lain-lainnya,” jelas dia.

Ia mengaku memiliki jurusan bisnis sepeda motor karena suka dengan otomotif. “Suka jurusan otomotif karna kalau motor rusak bisa beneri sendiri, oleh karena itu saya pilih jurusan ini untuk lebih mendalami lagi ilmu seperti perbengkelan motor,” tegasnya.(hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed