oleh

API Award Punya Efek Domino untuk Megalitik Besemah, ASN Harus Berperan Aktif

SUARAPUBLIK.ID, PAGARALAM – Pemerintah Kota Pagar Alam melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), terus berupaya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi memberikan dukungan kepada situs sejarah daerah, yakni Megalitik Besemah, dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) award 2021.

Pasalnya, untuk keluar sebagai pemenang menjadi situs sejarah terpopuler dalam ajang ini, Megalitik Besemah Pagar Alam harus bersaing dengan sejumlah situs sejarah dari berbagai daerah.

Antara lain, Benteng Kraton Wollio (Baubau), Candi Ijo (Kabupaten Sleman), Istana Mini Banda Nairah (Kabupaten Maluku Utara), Megalitik Batu Brak (Kabupaten Lampung Barat), Museum Buya Hamka (Kabupaten Agam), Situs Gajah Mada (Kabupaten Raijua), Taman Arkeolog Onrust (Kabupaten Kepulauan Riau), Taman Nurmada (Kota Mataram) dan Tundrunbaho (Kabupaten Nias Selatan), untuk kategori situs sejarah.

Untuk itu juga, Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, mengimbau melalui surat edaran nomor 681/420/Disdikbud/2021 agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah kota, juga berperan aktif memberikan dukungan melalui SMS sebanyak-banyaknya.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Pagar Alam, Jemmiyo Siswanto pun tak menampik, jika upaya mendukung hal tersebut, surat edaran Walikota langsung diteruskan ke sejumlah SKPD, bahkan ke sekolah-sekolah di Kota Pagar Alam.

“Untuk imbauan juga kita sampaikan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube dan semacamnya,” terang Jemmiyo.

Pasalnya, kata dia, periode pemungutan suara (voting periode) sudah dimulai pada 1 Juli sampai 31 Oktober 2021 mendatang melalui akun Instagram @Ayojalanijalanindonesia, channel Youtube APIaward atau melalui SMS Premium dengan cara memilih sesuai Keyword. Contohnya Pulau Osi, Ketik API 9E ke Nomor 99386 yang berlaku untuk semua operator.

“Sementara untuk Megalitik Besemah keywordnya adalah ketia API 12E kirim ke 99386,” seru Jemmiyo.

Dia berharap, Megalitik Besemah ini akan menyusul kesuksesan Kampung Adat Terpopuler pada API tahun 2021, karena sebagai destinasi wisata, akan membuat Pagar Alam lebih dikenal secara nasional dan banyak mengundang kunjungan wisatawan, terutama ke situs-situs megalit yang ada di Pagar Alam.

Karena tak dipungkiri, sebagai kota wisata, Pagar Alam memang dikenal dengan situs megalit nya dengan jenis seperti Dolmen, Arca, Rumah Batu, Meja Batu, Bati Berelif,Lupang Batu, Lesung Batu, batu berformasi atau batu gelang dan lain-lain.

“Tercatat ada sebanyak 46 situs megalit yang terdata saat ini di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagar Alam,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed